Fenomena Self-Disclosure Dalam Penggunaan Platform Media Sosial
![](https://jurnal.unidha.ac.id/public/journals/9/crossmark.png)
Abstract
Keterbukaan diri menjadi salah satu fokus kajian dalam di dalam komunikasi sebagai ilmu. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi saat ini yang mempermudah komunikasi antar manusia, keterbukaan diri juga bisa dilakukan di berbagai media, salah satu yang populer saat ini adalah melalui platform instagram. Di zaman serba modern seperti sekarang ini kemajuan teknologi nyatanya mempermudah komunikasi antar manusia melalui berbagai platforms digital, khususnya instagram. Seiring dengan hal tersebut, muncul sebuah fenomena baru yaitu lahirnya para selebgram. Saat ini selebriti tidak selalu identik dengan tayangan televisi, sekarang muncul sebuah istilah baru yaitu selebgram, yaitu orang-orang yang terkenal di media sosial khususnya Instagram.
Artikel ini bertujuan menghasilkan uraian teoritis mengenai pengaruh teori pengungkapan diri (self-disclosure) pada fenomena selebgram tersebut terhadap perkembangan hubungan antara selebgram dengan pengikutnya. Hubungan antara gender dan self self-disclosure. Metode penulisan artikel yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literatur (desk study) yaitu dengan mengumpulkan literatur-literatur yang relevan.
Downloads
References
Alfero, S., Tiana, W.I. (2018). Aplikasi Mobile Commerce (M-Commerce) Berbasis Android. ISSN : 2461-1417 Vol 4 No 2 – Agustus 2018 169
Arifin, F., N., (2015). Efektivitas Akun Instagram @filmnasional dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers (Effectiveness Instagram account @filmnasional on fulfillment of information needs followers). e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015 | Page 3971 ISSN : 2355-9357
Azizah, M.E., Hadi, M. (2018). PENGARUH LIFESTYLE DAN SELEBGRAM (SELEBRITI ENDORSER INSTAGRAM) TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ( Studi Eksplanatif pada Followers Selebgram @Joyagh ). A B Jurnal Aplikasi Bisnis E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741 13 J
Chung, Cho, (2017). Fostering parasocial relationships with celebrities on social media: Implications for celebrity endorsement. Psychology & Marketing 34 (4), 481-495, 2017.
Cozby, P.C. (1973). Self-disclosure: a literature review. nama jurnal, DOI:10.1037/H0033950
Dindia, Allen, (1992). Sex differences in self-disclosure: A meta-analysis.https://doi.org/10.1037/0033-2909.112.1.106
Kim, J., Song, H. (2016). Celebrity's self-disclosure on Twitter and parasocial relationships: A mediating role of social presence. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.083
Krismasakti, B. (2019). INSTAGRAM STORIES DALAM AJANG PENGUNGKAPAN EKSISTENSI DIRI (STUDI KASUS SELEBGRAM @JIHANPUTRI). http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/862
Ledbetter, A.M., Redd S.M,, (2016). Celebrity credibility on social media: A conditional process analysis of online self-disclosure attitude as a moderator of posting frequency and parasocial interaction. Western journal of communication 80 (5), 601-618, 2016.
Luo, M., & Hancock, J. (2019). Self-Disclosure and Social Media: Motivations, Mechanisms and Psychological Well-Being. Current Opinion in Psychology. doi:10.1016/j.copsyc.2019.08.019
Prihatiningsih, W. (2017). MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Communication VIII, Nomor 1, April 2017 ISSN : 2355-9357
S Chung, H Cho. (2014) Parasocial relationship via reality TV and social media: its implications for celebrity endorsement - Proceedings of the ACM International Conference, 2014 - dl.acm.org
A Mulayousef. (2018) Following Celebrities on Social Networking Sites: The Role Of Parasocial Interaction, Self-Disclosure, Trustworthiness, and Time Spent on Sns - scholarsbank.uoregon.edu
M Kim, J Kim. (2020). How does a celebrity make fans happy? Interaction between celebrities and fans in the social media context - Computers in Human Behavior - Elsevier
J Wan, T Wu, Y Lu. (2015) How Selfies Change the Effect of Product Endorsers in Social Media: The Role of Self-Disclosure and Social Interactivity. - PACIS, 2015 - aisel.aisnet.orgi
Wood,A.F., Smith, M.J. (2004) Online Communication: Linking Technology, Identity, and Culture.
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.