EKSPLORASI KONDISI MASYARAKAT DALAM MEMILIH BELANJA ONLINE MELALUI SHOPEE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA

  • Adrian Pratama Afrianto Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Keywords: Social Judgement Theory, shope, belanja online, Covid-19

Abstract

Berbelanja online sebagai gaya hidup baru sudah tidak asing lagi di tengah masa pandemi Covid-19. Munculnya beragam platform e-commerce di tengah masyarakat Indonesia sudah menjadi alternatif baru yang memudahkan pola perilaku belanja masyarakat saat ini. Bahkan beberapa tahun terakhir, banyak hasil survei yang menyimpulkan bahwa masyarakat sudah beralih dari belanja secara konvensional atau tatap langsung dengan produsen, menjadi belanja online melalui smartphone mereka. Salah satu lembaga yang melakukan survei tersebut adalah iprice.co.id. Dalam situs tersebut ditemukan fakta bahwa sebanyak 175,4 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif Internet. Bahkan ada kenaikan sebesar 17 persen atau sebanyak 25 juta yang menjadi pengguna internet jika dibandingkan tahun 2019. Dan salah satu situs belanja online yang sering diakses oleh masyarakat Indonesia adalah Shopee. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif eksploratif ini akan membahas gambaran kondisi masyarakat dalam memilih belanja online melalui Shopee selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Proses penelitian ini dengan mengeksplorasi judul penelitian berdasarkan konsep Three Latitudes in Social Judgement Theory.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Wasono. 2018. Analisis Tekstual Gaya Bahasa Iklan Harbolnas Versi Sakit Jiwa Toko Online Bukalapak.com di Internet. Jurnal Komunikasi, Vol. 6, No. 2.

Budhy, Aryanto., Sari, Nasirottul Ratih. 2014. Internet Marketing dan Kepuasan Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif Kepuasan Pelanggan dalam Berbelanja Online di Spoonfork Shop). Jurnal Komunikasi.

Boer, Rino F., Lesmana, Dionisius. 2018. Eksplorasi Faktor Beliefs dan Attitudes: Kajian Terhadap Social Judgment Theory di Era Media Digital. Jurnal Komunikasi, Vol.4 No. 1:51 - 94.

Iqbal, Khazim Al. 2016. Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Lazada.co.id dalam Berbelanja Online Melalui Variabel Electronic Word of Mouth (EWOM). Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 21, No. 2.

Mustomi, Dede., Puspasari,Aprilia., Azizah,Ayu., & Wijayanti, Diah. 2020. Analisis Belanja

Online di Kalangan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal AKRAB JUARA,

Vol.5, No.4, hh. 48-57.

Oktavenus, Ricky. 2019. Analisis pengaruh transformasi digital dan pola perilaku konsumen

terhadap perubahan bisnis model perusahaan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol.3, No. 5, hh: : 44-48.

Nediari, Amarena. 2013. Fenomena Mal Bagi Masyarakat Urban Di Jakarta. Humaniora, Vol.4,

No.1,hh.183-190.

Setiawan, Wawan. 2017. Era Digital dan Tantangannya. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017,

Agustus 2017, Sukabumi.

Sidharta, Iwan., Suzanto, Boy. 2015. Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis. Vol. 9, No. 1, Juni 2015, 23-36

Wibawanto, Sigit. 2016. Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Pembelian Dipasar Modern.

Jurnal Fokus Bisnis, Vol.15, No.01,hh. 54-71.

Zaman, Saefu. 2017. Pola Konsumtif Masyarakat Urban Dalam Perspektif Semiotik Dan Budaya.

Paradigma Jurnal Kajian Budaya. Vol.7, No.7, hh: 40-49.

Published
2021-01-31
How to Cite
Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). EKSPLORASI KONDISI MASYARAKAT DALAM MEMILIH BELANJA ONLINE MELALUI SHOPEE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10-29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181