Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial
Abstract
Penggunaan media sosial saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Para pengguna media sosial berasal dari berbagai kalangan, usia, maupun jenis kelamin. Media sosial yang saat ini sedang naik daun di Indonesia salah satunya adalah TikTok. Melalui aplikasi ini para penggunanya dapat membagikan video berdurasi pendek yang dapat disertai musik, tulisan, maupun gambar lainnya. Pada awal kemunculannya, aplikasi TikTok banyak menampilkan video gerakan yang diiringi dengan musik, seiring berjalannya waktu penggunaan aplikasi TikTok semakin berkembang tidak hanya untuk berbagi video namun juga banyak yang menggunakannya sebagai media berbagi informasi. Dari informasi umum yang berupa tips maupun pengetahuan, hingga tidak sedikit informasi yang merupakan urusan pribadi sang pengguna. TikTok menjadi salah satu media yang digunakan untuk pengukapan jati diri seseorang. Dan ada dampak yang timbul di masyarakat dari pengungkapan jati diri seseorang melalui TikTok.
Downloads
References
Aji, Wisnu Nugroho. 2018. APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Baack, Donald, Christine Fogliasso and James Harris. 2000. The Personal Impact of Ethical Decisions: A Social Penetration Theory. https://www.jstor.org/stable/25074265
Gear, Coutney. 2018. INSTAGRAM AND SNAPCHAT: PRIVACY AND SELF DISCLOSURE
Griffin, Em, Andrew Ledbetter, Glenn Sparks. 2014. A First Look at Communication Theory
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251. doi:10.1016/j.bushor.2011.01.005
Littlejohn, Stephen W, Karen A. Foss, John G. Oetzel. Theories of Human Communities
Prasetio, T. 2018. Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Pengungkapan Diri Penggunanya di Media Sosial Instagram.
Forest. Amanda L, Joanne V. Wood. 2012. When Social Networking Is Not Working: Individuals With Low Self-Esteem Recognize but Do Not Reap the Benefits of Self-Disclosure on Facebook. https://www.jstor.org/stable/41441787
Repository.usu.ac.id>bitstream
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taddicken, M. (2014). The ‘privacy paradox’in the social web: The impact of privacy concerns, individual characteristics, and the perceived social relevance on different forms of self‐disclosure. Journal of Computer‐Mediated Communication, 19(2), 248-273.
Velasco, Javier-Martin. 2013. EXPLORING SELF DISCLOSURE IN ONLINE SOCIAL NETWORKS
https://pendidikan.co.id/pengertian-media-sosial-karakteristik-fungsi-jenis-dan-dampaknya
https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-TikTok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN/full
https://www.tagar.id/sejarah-dan-fakta-tentang-aplikasi-TikTok
http://blog.unnes.ac.id/sakapleng/2015/11/14/teori-pertukaran-sosial-social-exchange-theory
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.