Retorika Juru Bicara Satgas Covid-19 Di Platform Youtube
Abstract
Pada saat ini banyak bermunculan fenomena – fenomena baru. Baik di Indonesia maupun global, terdapat banyak peristiwa penting dan besar. Dari berbagai macam sudut pandang. Komunikasi hadir untuk menghubungkan itu semua. Di saat ini ada juga peranan retorika dalam membuat segala sesuatu lebih mudah dan efektif dalam menyampaikan pidato. Pesan diharapkan bisa sampai kepada seluruh elemen, seluruh lapisan masyarakat baik orang besar, orang biasa, dalam berpidato dikenal dengan banyak konsep, yang paling dikenal adalah Five Canon of Rhetoric yaitu Invention, Arrangement, Style, Delivery dan Memory. Konsep ini telah digunakan oleh berbagai macam pemimpin di dunia. Kaitan antara retorika dengan praktisi Juru Bicara adalah dengan menggunakan penguasaan konsep Five Canon of Rhetoric. Maka diharapkan para praktisi kehumasan ataupun Juru Bicara bisa menerapkan ini. Agar teknik pidato mereka bisa dipahami dengan mudah oleh pendengar dan juga khalayak, Juru Bicara menjadi sangat penting, karena menjadi pihak untuk memberikan segala informasi di suatu perusahaan, badan korporasi, organisasi. Pada desember 2019 dunia digemparkan dengan temuan penyakit baru yaitu Covid-19, ini membuat gempar seluruh penduduk dunia. Pada mulanya indonesia tidak terjangkit. Namun pada 2 maret 2020 Presiden Joko widodo mengumumkan kasus infeksi pertama dari cluster Kemang, Jakarta Selatan, berdomisili di depok, Jawa Barat. Dari situlah mulainya petaka wabah penyakit menyerang pernapasan ini dan menjangkit penduduk indonesia. Selanjutnya pemerintah membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Juru Bicaranya adalah Achmad Yurianto, kemudian diganti oleh Wiku Adisasmito, diperbantukan oleh Reisa Broto Asmoro, kemudian menjadi Juru Bicara juga.
Downloads
References
Ali Fikry, Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol. 5, No. 3, Maret 2020.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 217-226.
Dina Mizanie , Irwansyah. Komunikasi, Vol. XIII No. 02, September 2019: 149-164.
Edy Chandra, YOUTUBE, CITRA MEDIA INFORMASI INTERAKTIF ATAU MEDIA PENYAMPAIAN ASPIRASI PRIBADI, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni ISSN 2579-6348 (Versi Cetak) Vol. 1, No. 2, Oktober 2017: hlm 406-417 ISSN-L 2579-6356 (Versi Elektronik).
Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Legislatif, 385- 398.
Jeratallah Aram Dani, Yogi Mediantara, Covid-19 Dan Perubahan Komunikasi Sosial, PERSEPSI: Communication Journal Vol 3 No. 1, 2020, 94-102, DOI: 10.30596/persepsi.v%vi%i.4510
Lehua Ledbetter (2018) The Rhetorical Work of YouTube’s Beauty Community: Relationship- and Identity-Building in User-Created Procedural Discourse, Technical Communication Quarterly, 27:4, 287-299, DOI: 10.1080/10572252.2018.1518950
Musaraj, Arta. “History, sociology and politics: The strange triangles of Communication Day.” Academicus International Scientific Journal 3.05 (2012): 12-16.
Nasution, N. H., & WIJAYA, W. (2020). MANAJEMEN MASJID PADA MASA PANDEMI COVID 19. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(01), 84-104.
Rika Oktariani, AG. Eka Wenats Wuryanta, Komunikasi Pemerintah Melalui Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepada Publik, EXPOSE: Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 2620-8105 | E-ISSN 2621-0304 Volume 03, No. 02, November, 2020.
Sigit Pramono Hadi, Inter Komunika: Jurnal Komunikasi | Vol 5, No 1, Th 2020, 1-13.
Sultan, Muhammad Rapi, GEMA Online® Journal of Language Studies Volume 20(4), November 2020 http://doi.org/10.17576/gema-2020-2004-14.
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease COVID-19 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Sosial & Budaya, 7(6), 555-564.
Setyawati, N. (2020). IMPLEMENTASI SANKSI PIDANA BAGI MASYARAKAT YANG BERAKTIVITAS DI LUAR RUMAH SAAT TERJADINYA PANDEMI COVID19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 135-135
Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung). Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 14-34.
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.