EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAAN ONLINE

  • Ayu Nenden Assyfa Putri Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Keywords: Efektivitas Komunikasi, Pembelajaran Online, , Covid 19, Teori CMC

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh situasi Covid-19 yang menjadi wabah menyeramkan diseluruh negara termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran efektivitas komunikasi dalam pembelajaran online, sehingga dapat memberikan hasil dan manfaat kepada peserta didik, ataupun pengajar serta lembaga edukasi. Peneliti menggunakan teori dan konsep Computer Mediated Communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan jumlah jurnal sebelumnya yang menjadi referensi utama penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penyebab pro dan kontra dalam pelaksanaan pembelajaran online dengan menggunakan konsep CMC di Indonesia. yang tertera pada isi penulisan jurnal ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, T. (2002). Book Review - Delivering Digitally: Managing the transition to the knowledge media. Editors: A. Inglis, P. Ling, and V. Joosten. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 3(2). https://doi.org/10.19173/irrodl.v3i2.95

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3). https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Crispin Thurlow, Laura Lengel, & Alice Tomic. (2004). Computer Mediated Communication. SAGE Publications Ltd.

Denis McQuail. (2005). McQuail (2005) Computer Mediated Communication .

Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2013). Learning, unlearning, and relearning: Using web 2.0 technologies to support the development of lifelong learning skills. In IT Policy and Ethics: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (Vols. 1–3). https://doi.org/10.4018/978-1-4666-2919-6.ch009

Febrianto, P. T., Mas’udah, S., & Megasari, L. A. (2020). Implementation of online learning during the covid-19 pandemic on Madura Island, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8). https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.13

Griffith, D. A. (2002). The role of communication competencies in international business relationship development. Journal of World Business, 37(4). https://doi.org/10.1016/S1090-9516(02)00092-5

Herring, S. C. (2002). Computer-mediated communication on the Internet. Annual Review of Information Science and Technology, 36. https://doi.org/10.1002/aris.1440360104

Ika Novita Marani, Ari Subarkah, & Adi Wijayanto. (2020). The use of computer mediated communication (cmc) In distance learning during covid-19 pandemic: pros and cons. The International Journal of Indian Psychology ISSN 2348-5396 (Online) , Volume 8(Issue 2,).

Jatmoko, D., & Faizun, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 104–113. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6495

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4). https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Khairunisa, A. A. (2020). Computer-Mediated Communication: Online Gaming Communication Culture. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200818.039

Kirkwood, A., & Price, L. (2014). Technology-enhanced learning and teaching in higher education: what is “enhanced” and how do we know? A critical literature review. Learning, Media and Technology, 39(1). https://doi.org/10.1080/17439884.2013.770404

Mirnaalini R. Vatsala. (2020). Determining the effect of motivation on computer mediated communication during COVID-19. . The International Journal of Indian Psychology , Vol 8(Issue 2,).

Prida Ariani Ambar Astuti. (2011a). Remaja Digital: Learn, Play, Socialize, Participate. . Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prida Ariani Ambar Astuti. (2011b). Remaja Digital: Learn, Play, Socialize, Participate. : : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rizky Saga Putra, & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien,Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Di Masa Pandemi. Global Komunikas, Vol 1(ISSN 2085 – 6636. EISSN 2655 – 5328).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Suprayekti, S., & Hanum, F. F. (2018). PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI LEMBAGA PERSEKOLAHAN. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2). https://doi.org/10.21009/pip.322.9

Teni Nurrita. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, Vol 3(Nomor 01, Juni 2018).

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). PENGARUH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH ONLINE DI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL MAHASISWA. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.111

Published
2021-01-31
How to Cite
Assyfa Putri, A. N., & Irwansyah, I. (2021). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAAN ONLINE. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.184