Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial
Abstract
Media sosial merupakan media yang paling efektif dalam penyebaran informasi kepada publik. Keefektifannya karena tidak perlu didistribusikan lagi ke publik secara fisik, cukup hanya dengan memiliki akses internet. Penyebaran informasi pada media online sangat mudah dilakukan, karena tidak ada aturan yang mengekang dalam penulisan sebuah informasi pada media online. Oleh karena itu penyaringan informasi pada media online tidak dapat dilakukan, semua orang yang memiliki akses ke dalam media online dapat melakukan penyebaran informasi tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu, dan dapat dikatakan penyebaran informasi ini dilakukan dengan cara anonymous atau sumber yang tidak jelas faktanya. Karna ketidakjelasan fakta yang disebarluaskan maka informasi bersifat hoax dan dapat menimbulkan ujaran kebencian.
Downloads
References
Allcott, H., & Gentzkow, M. (2017). Nber Working Paper Series Social Media and Fake News in the 2016 Election. Journal of Economic Perspectives, 31(2), 211–236. http://www.nber.org/papers/w23089%0Ahttp://www.nber.org/papers/w23089.ack
Ashrianto, P. D., & Yustitia, S. (2020). The Use of Social Media in Searching for Information about Papua. Jurnal The Messenger, 12(2), 122. https://doi.org/10.26623/themessenger.v12i2.1939
Clemens, C., & Sari, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Brand Endorser Arief Muhammad Terhadap Brand Awareness Tokopedia. Prologia, 3(2), 387. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6369
Dafonte Gómez, A. (2018). Audience as medium : motivations and emotions in news sharing. 12, 2133–2152. https://doi.org/10.31235/osf.io/ux2hk
Fattah, R. A., & Sujono, F. K. (2020). Social Presence of Ruangguru in Social Media during Covid-19 Pandemic. Jurnal The Messenger, 12(2), 180. https://doi.org/10.26623/themessenger.v12i2.2276
Juditha, C. (2018). Social Media Hegemony: Gosip Instagram Account @Lambe_turah - Hegemoni Media Sosial: Akun Gosip Instagram @Lambe_turah. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(1), 260982.
Juditha, Christiany. (2018). Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Journal Pekommas, 3(1), 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104
Kania, D., Agatha, N., Studi, P., Komunikasi, I., Bakrie, U., Bakrie, K. U., & Colony, S. (2011). Online consumers and the application of uses and gratification theory. Journal Communication Spectrum, 1(2), 91–108.
Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini - Researches on Media Uses And Its Development. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(1), 103–121. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=198532&val=6561&title=RISET PENGGUNAAN MEDIA DAN PERKEMBANGANNYA KINI
Mahasiswa, N., Farm, S., Ujian, J., & Farm, M. (2018). Kementerian Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Andalas KARTU TANDA PESERTA UJIAN. 11–12.
Masyarakat Telematika Indonesia. (2019). Hasil Survey Wabah Hoax Nasional 2019. Website Masyarakat Telematika Indonesia, 35. https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2019/
Nugrahani, F. (2017). Penggunaan Bahasa Dalam Media Sosial Dan Implikasinya Terhadap Karakter Bangsa. Stilistika, 3(1), 1–18.
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342
Rahutomo, F., Pratiwi, I. Y. R., & Ramadhani, D. M. (2019). Eksperimen Naïve Bayes Pada Deteksi Berita Hoax Berbahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(1). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.1.1805
Ruggiero, T. E. (2018). Uses and Gratifications Theory in the 21st Century. Refining Milestone Mass Communications Theories for the 21st Century, February 2000, 36–70. https://doi.org/10.4324/9781315679402-4
Siswoko, K. H. (2017). Kebijakan Pemerintah Menangkal Penyebaran Berita Palsu atau ‘Hoax.’ Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 13. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.330
Situngkir, H. (2012). Spread of Hoax in Social Media. SSRN Electronic Journal, 30674. https://doi.org/10.2139/ssrn.1831202
Suparmo, L. (2017). Uses and Gratifications Theory dalam Media Sosial WA (WhatsApp). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 27–37. https://doi.org/10.21009/communicology.062.02
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Utami, P. (2019). Hoax in Modern Politics. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 22(2), 85. https://doi.org/10.22146/jsp.34614
West, R., & Turner, L. H. (2019). Introducing Communication Theory. In Making Sense of Messages.
(Allcott & Gentzkow, 2017; Ashrianto & Yustitia, 2020; Clemens & Sari, 2019; Dafonte Gómez, 2018; Fattah & Sujono, 2020; C. Juditha, 2018; Christiany Juditha, 2018; Kania et al., 2011; Karman, 2013; Mahasiswa et al., 2018; Masyarakat Telematika Indonesia, 2019; Nugrahani, 2017; Rahadi, 2017; Rahutomo et al., 2019; Ruggiero, 2018; Siswoko, 2017; Situngkir, 2012; Suparmo, 2017; Syah, 2020; Utami, 2019; West & Turner, 2019)1
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.