Pengaplikasian Teori Penetrasi Sosial pada Aplikasi Online Dating
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah aspek kehidupan masyarakat termasuk dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Interaksi dan komunikasi interpersonal yang dilakukan masyarakat saat ini terjadi melalui sebuah media seperti komputer, telepon, dan internet. Cara berinteraksi dan berkomunikasi masyarakat yang berubah juga terjadi ketika mencari teman kencan yaitu melalui online. Membangun sebuah hubungan melalui aktivitas online juga melalui tahapan-tahapan, dimana individu memiliki kehendak untuk memberikan informasi. Pengukapan kepribadian mempengaruhi keintiman sebuah hubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori penetrasi sosial dan self-disclosure oleh individu saat melakukan komunikasi melalui aplikasi kencan online. Penelitian ini juga melihat proses perkembangan dari sebuah hubungan dalam aplikasi online dating. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis isi yaitu melakukan kajian literatur pada kata kunci penetrasi sosial, self-disclosure dan online dating. Peneliti menemukan bahwa hubungan yang dibangun serta perkembangannya dalam aktivitas kencan online dapat dilihat penerapan teori penetrasi sosial. Proeses pengembangan hubungan dilakukan dengan pengungkapan diri atau self-disclosure. Pengungkapan diri atau self-disclosure menjadi penting dalam perkembangan hubungan pada kencan online karen berisi informasi-informasi tentang individu yang ingin membangun hubungan. Self-disclosure yang memiliki timbal balik positif akan membuat hubungan semakin intim. Adanya ketidaksesuaian informasi yang diberikan pada saat pengungkapan diri, hubungan dapat mengalami proses depenetrasi
Downloads
References
Bajnaid, A., & Elyas, T. (2017). Exploring the Phenomena of Online Dating Platform Versus Saudi Traditional Spouse Courtship in 21st Century. Digest of Middle East Studies. 1-23.
Bugin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi (teori, paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Carpenter, A., & Greene, K. (2017). Social Penetration Theory. The International Enclycopedia of Interpersonal Communication, USA.
Ernala, S. et al. (2018). Characterizing Audience Engagment and Assessing Its Impact on Social Media Disclosures of Mental Ilness. Psychiatry Research.
Gibs, J., Elison, N dan Lai, C. (2011). First Comes Loves, then Comes Google : An Investigation of Uncertainty Reduction Strategies and Self-Disclosure in Online Dating. Communication Research. 38 (1), 70-100.
Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2018). A First Look at Communication : Mc Graw Hill. New York.
Homnack,A. (2015). Online Dating Technology Effect on Interpersonal Relationship. Pop Culture Intersection, Paper 4.
Maning, J. (2019). Thinking About Interpersonal Relationships and Social Penetration Theory : Is It the Same for Lesbian Gay or Bisexsual People. Researchgate. 293-305.
Pan,B & John,C. (2012). Theoretical Models of Social Media, Marketing Implications and Future Research Directions. Researchgate.
Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovation. New York: A Division of Macmillan Publishing Co.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toma, C and Hancock, J. (2012). What Lies Beneath : The Linguistic Traces of Deception in Online Dating Process. Journal of Communication. 62, 78-97.
Walton, S and Rice, R. (2013). Mediated Disclosure on Twitter : The Roles of Gender and Identity and Boundary, Impermeability, Valance, Disclosure and Stage.Computers in Human Behavior. 29, 1465-1474.
Ward, J. 2016. Swiping, Matching, Chatting : Self Presentation and Self Disclosure on Mobile Data Apps. Human IT. 13 (1), 81-95.
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.