DAMPAK NILAI PELANGGAN DAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Ramdani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia “YPTK”
  • Fitri Yeni Universitas Putra Indonesia “YPTK”
  • Hasmaynelis Fitri Universitas Putra Indonesia “YPTK”
  • Yagus Valentino Harefa Universitas Putra Indonesia “YPTK”
  • Neni Sri Wayuni Ningsih Universitas Putra Indonesia “YPTK”
  • Agung Ramadhanu
  • Hadi Syahputra Universitas Putra Indonesia “YPTK”
Keywords: Nilai Pelanggan, Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Citra Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Nilai Pelanggan dan Relationship Marketing dalam membangun Kepuasan Pelanggan melalui Citra Merek sebagai variabel interverning keripik balado bintang jaya 4 x 7 Padang.Metode yang digunakan adalah Structur Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS).Dengan mengedarkan kuesioner sebanyak 85 responden.

Hasil analisis datamenimpulkan, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel.nilai pelanggan terhadap variabel citra merek. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel relationship antara variabel  citra merek. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel relationship marketing terhadap variabel kepuasan pelanggan.sedangkan variabel nilai pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel nilai pelanggan terhadap variabel kepuasan pelanggan melalui variabel citra merek.Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel relationship marketing terhadap variabel kepuasan pelanggan melalui variabel citra merek.

Published
2019-07-31