PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER ( Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang )

Abstract
Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Komputer Berbasis Android Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK ADZKIA Padang. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi media pembelajaran sistem komputer berbasis android. Penelitian ini merupakan jenis Research & Development dengan mengunakan 4 tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitas pada aplikasi media pembelajaran sistem komputer berbasis android kelas X. Berdasarkan hasil pengujian validitas yang di lakukan oleh validator secara keseluruhan terhadap aplikasi media pembelajaran perakitan komputer sebesar 87,24%, sehingga tingkat validitas dapat diinterprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penelitian uji praktikalitas secara keseluruhan terhadap penilaian aplikasi media pebelajaran perakitan komputer yaitu 90,6% sehingga tingkat praktiklitas dapat diinterprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil pengujian efektifitas secara keseluruhan terhadap aplikasi media pembelajaran sistem komputer sebesar 89%, sehinga tingkat kepraktisan dapat diinterpretasikan sangat efektif untuk digunakan.
Downloads
References
Arsyah, U. I., Yusuf, M., Arsyah, R. H., & Astri, L. (2018). PENERAPAN APLIKASI MULTIMEDIA MENGENAL BAHASA ISYARAT SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAGI TUNA RUNGU. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 3(2), 90-94.
Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Redja Mudyaharjo, Pengantar Pendidikan, Cet Ke 2, (Jakarta : Pt Radja Grafindo, 2002), H 3
Depdiknas.2008.Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta:Direktorat Pembinaan SMA
Jazi Eko Istiyanto. 2013. Pemrograman Smart Phone Menggunakan SDK Android dan Hacking
Android. Yogyakarta: MediaKom
Menrisal, M., & Putri, H. M. (2018). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR (STUDI KASUS KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 PADANG). PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK, 5(2), 21-30.
Nazruddin Safaat H. 2015. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Prof Dr.Munir.2012.Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metoda Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN (STUDI KASUS KELAS X OTPS MK NEGERI 3 PADANG). PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK, 5(2), 9-20.
Arno, S., 2018. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBJEK WISATA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA UNTUK MENDUKUNG PROMOSI PARIWISATA DAERAH. Jurnal Sains dan Informatika, 4(2), p.118.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.