PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER ( Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang )

  • Rahmatul Husna Arsyah Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Agung Ramadhanu Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Fiki Pratama Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Putra Indonesia YPTK
Keywords: Media Pembelajaran, Android, Teknik Komputer Jaringan

Abstract

Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Komputer Berbasis Android Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK ADZKIA Padang. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi media pembelajaran sistem komputer berbasis android. Penelitian ini merupakan jenis Research & Development dengan mengunakan 4 tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitas pada aplikasi media pembelajaran sistem komputer berbasis android kelas X. Berdasarkan hasil pengujian validitas yang di lakukan oleh validator secara keseluruhan terhadap aplikasi media pembelajaran perakitan komputer sebesar 87,24%, sehingga tingkat validitas dapat diinterprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penelitian uji praktikalitas secara keseluruhan terhadap penilaian aplikasi media pebelajaran perakitan komputer yaitu 90,6% sehingga tingkat praktiklitas dapat diinterprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil pengujian efektifitas secara keseluruhan terhadap aplikasi media pembelajaran sistem komputer sebesar 89%, sehinga tingkat kepraktisan dapat diinterpretasikan sangat efektif untuk digunakan.

References

[1] Arsyah, U. I., Yusuf, M., Arsyah, R. H., & Astri, L. (2018). PENERAPAN APLIKASI MULTIMEDIA MENGENAL BAHASA ISYARAT SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAGI TUNA RUNGU. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 3(2), 90-94.
[2] Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
[3] Redja Mudyaharjo, Pengantar Pendidikan, Cet Ke 2, (Jakarta : Pt Radja Grafindo, 2002), H 3
[4] Depdiknas.2008.Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta:Direktorat Pembinaan SMA

[5] Jazi Eko Istiyanto. 2013. Pemrograman Smart Phone Menggunakan SDK Android dan Hacking
Android. Yogyakarta: MediaKom
[6] Menrisal, M., & Putri, H. M. (2018). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR (STUDI KASUS KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 PADANG). PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK, 5(2), 21-30.

[7] Nazruddin Safaat H. 2015. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
[8] Prof Dr.Munir.2012.Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
[9] Sugiyono. 2010. Metoda Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
[11] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
[12] Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN (STUDI KASUS KELAS X OTPS MK NEGERI 3 PADANG). PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK, 5(2), 9-20.
Published
2019-07-31