Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif

  • Ade Onny Siagian Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yoyok Cahyono Universitas Pramita Indonesia (UNPRI), Indonesia.
Keywords: Strategi, UMKM, pandemi, covid 19

Abstract

Pandemi Covid 19 yang terjadi secara global tentu saja berdampak terhadap berbagai sektor terutama di sektor ekonomi. Dampak perekonomian ini tidak hanya di rasakan secara domestik, namun juga terjadi secara global. International Monetary Fund (IMF) yang memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh minus di angka 3%. Di Indonesia,  hal  ini tentunya   juga   memiliki   dampak   yang   cukup  signifikan terhadap pariwisata,  sektor perdagangan,  industri  termasuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Desa Sumurboto, Kabupaten Blora merupakan salah satu desa yang sebagian besar masyarakatnya menjadi pengrajin anyaman bambu. Secara langsung maupun tidak langsung, mereka terdampak adanya pandemic covid 19 ini. karena itu perlu strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid- 19 dan faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penyusunan strategi pemasaran dalam berwirausaha pada sektor ekonomi kreatif dapat direncanakan melalui STP (Segmenting, Targetting dan Positioning) untuk menarik konsumen. Sedangkan faktor pendukung dalam  berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19 agar berjalan secara efektif dan efisien diantaranya adalah konsep promotion, service excellet customers rewards, afiliasi atau kemitraan dan modal sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, N. H. dan A. S. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. In Manajemen Strategi Pemasaran.

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). KEUNGGULAN BERSAING UKM YANG DIPENGARUHI OLEH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Amstrong, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Kotler Amstrong 2012.

COVID-19 DAN IMPLIKASI BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. (2020). Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Fitria Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). STRATEGI PEMASARAN STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) LARISSA AESTHETIC CENTER CABANG JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793

Hardianti, Y., & Martini, E. (2016). Analisis Strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion) Dan Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Pt. Cipta Master Perkasa. E-Proceeding of Management.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Lancaster, G., Massingham, L., & Ozuem, W. (2018). Digital marketing. In Essentials of Marketing Management. https://doi.org/10.4324/9781315177014-11

Onny Siagian, A. (2020). CHARACTER BUILDING RELASI DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA DAN BERSOSIAL (V. Meilinda & A. S. Wijaya (Eds.)). Syntax Computama.

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.

Siagian, Ade Onny; Indra, N. (n.d.). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Laporan Keuangan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 17–35.

Siagian, A. O. (2021). Pengaruh faktor-faktor terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Grogol Jakarta Barat. Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(1), 1–10.

Siagian, A. O., & Prasetyo, T. F. (2020). Strategi Pengembangan Kompetisi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Jombang. Jurnal Akrab Juara.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134

Suprijanto, A. (2011). Dampak globalisasi ekonomi terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Imiah CIVIS.

The World Bank Group. (2019). Doing Business 2019. World Bank.

World Bank. (2020). The COVID-19 Pandemic : Shocks to Education and Policy Responses. World Bank Group.

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).

Wijoyo, H. DIGITALISASI UMKM PASCA PANDEMI COVID-19 DI RIAU. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL ADMINISTRASI NEGARA SINAGARA 2020.

Wijoyo, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Indomitra Mandiri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 157-162.

Yonata, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Disiplin dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Cipulir, Jakarta Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 594-600.

Larno, S., Razi, M., & Anggraini, P. (2019). Implementasi Website Promosi dan Penjualan pada Asosiasi Pedagang Sepatu dan Tas Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(1), 38-46.

Published
2021-01-31
How to Cite
Siagian, A., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212