Pengembangan Aplikasi Rekeningku Sebagai Platform Pencatatan Nomor Rekening Menggunakan Metode Waterfall

Abstract
Perkembangan teknologi mobile memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah pengelolaan informasi seperti nomor rekening bank. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi “Rekeningku”, sebuah platform yang memungkinkan pencatatan nomor rekening bank. Proses pengembangan menggunakan model Waterfall, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, pengembangan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik dan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola nomor rekening pribadi maupun orang lain. Evaluasi pengguna menunjukkan kepuasan terhadap fitur dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini.
Downloads
References
A. B. Karim and M. Fachrie, “Perancangan Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Mobile (Studi Kasus : Kabupaten Banjarnegara),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 65–75, Jan. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1101.
C. Dewi, : Pembuatan, A. Pencatatan, and K. N. Pramono, “Pembuatan Aplikasi Pencatatan Servis Mobil di PT. Armada International Motor Berbasis Android,” 2015.
J. M. Zydney and Z. Warner, “Mobile apps for science learning: Review of research,” Comput Educ, vol. 94, pp. 1–17, Mar. 2016, doi: 10.1016/j.compedu.2015.11.001.
A. Ramadhanu, R. Husna Arsyah, N. S. Wahyuni Nengsi, and N. Nurhaliza, “RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE EDUKASI MENGENAI PARENTING SKILLS BAGI ORANG TUA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA ANDROID,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 58–66, Jan. 2019, doi: 10.47233/jteksis.v1i1.23.
. S., W. Hadikristanto, and N. T. Kurniadi, “Implementasi Pengembangan Aplikasi Sistem Manajemen Aset Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Aset Pada PT. Hutama Karya (Persero),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 401–408, Oct. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.948.
A. A. Shaikh and H. Karjaluoto, “Mobile banking adoption: A literature review,” Feb. 01, 2015, Elsevier Ltd. doi: 10.1016/j.tele.2014.05.003.
G. Gunawan, M. Irwan, P. Nasution, S. Suci, A. Sundari, and K. Kunci, “Manfaat M-Banking Terhadap Sistem Informasi Diera Digital,” 2022.
S. M. Raharjo, O. D. Nurhayati, and K. T. Martono, “Sistem Informasi Pencatatan Data Warga Kelurahan Berbasis Mobile,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 3, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.3.2015.399-404.
M. F. Rivaldi, L. Afuan, and A. K. Nugroho, “DESIGN AND BUILD A CAREER CENTER INFORMATION SYSTEM USING THE CODEIGNITER FRAMEWORK CASE STUDY AT UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN USING WATERFALL METHOD,” Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), vol. 3, no. 3, 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.3.322.
R. S. Ghumatkar and A. Date, “Software Development Life Cycle (SDLC),” Int J Res Appl Sci Eng Technol, vol. 11, no. 11, 2023, doi: 10.22214/ijraset.2023.56554.
A. Mandani and 2Ahmad Mutatkin Bakti, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Penjualan Pada Toko Up Store Menggunakan Figma,” JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), vol. 6, no. 3, 2023, doi: 10.36085/jsai.v6i3.5717.
T. C. Lethbridge and R. Laganiere, “Object-Oriented Software Engineering : Practical Software Development Using Uml and Java 2nd,” McGraw-Hill Publishing Company, 2004, [Online]. Available: http://www.directtextbook.com/isbn/9780077109080
R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Ed - Roger S. Pressman. 2009. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
I. A. Shaleh, J. P. Yogi, P. Pirdaus, R. Syawal, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Sistem Informasi Penjualan Buku Berbasis Web dengan Teknik Equivalent Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 4, no. 1, p. 38, Jan. 2021, doi: 10.32493/jtsi.v4i1.8960.
D. Berardi, D. Calvanese, and G. De Giacomo, “Reasoning on UML class diagrams,” Artif Intell, vol. 168, no. 1–2, 2005, doi: 10.1016/j.artint.2005.05.003.
I. Gede, W. Antara, M. Darmawiguna, I. Made, and G. Sunarya, “Pengembangan Game Jegog Berbasis Android,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), vol. 4, no. 2, 2015.
A. P. Setiany, D. Noviyanto, M. Irfansyahfalah, S. Aisah, A. Saifudin, and I. Kusyadi, “Sistem Informasi dan Aplikasi Penggunaan Metode System Development Life Cycle ( SDLC) dalam Analasis dan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Kas Sekolah,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 4, no. 3, 2021.
M. F. Santoso, “Implementation Of UI/UX Concepts And Techniques In Web Layout Design With Figma,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 279–285, Apr. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i2.1223.
J. Purnama and Y. I. Melani, “APLIKASI SATU PINTU PENERIMAAN SISWA BARU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 11, no. 1, pp. 32–38, Mar. 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i1.1214.
B. H. Rambe et al., “UML Modeling and Black Box Testing Methods in the School Payment Information System,” 2020. [Online]. Available: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.