SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA YANG BERHAK MENDAPATKAN BEASISWA MISKIN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Febri Febri Hadi Hadi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Gushelmi Gushelmi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: ahp, kriteria, Sistem pendukung Keputusan, Penyeleksian Beasiswa

Abstract

MTsN 2 Padang Pariaman merupakan sebuah sekolah yang dikelola oleh departemen agama. Dalam pemberian beasiswa Pihak sekolah melakukan seleksi siswa penerima beasiswa masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi kesalahan dan  tidak adanya kriteria yang jelas dalam menentukan siswa yang memperoleh beasiswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan  membangun sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP). AHP sebagai tool untuk menyeleksi siswa dengan beberapa kriteria  dapat dilakukan untuk mengetahui siswa yang layak diberikan beasiswa miskin. Dalam menentukan siswa yang layak diberikan beasiswa miskin terdapat tiga kriteria dasar yang digunakan yaitu pemegang kartu KIP, penghasilan orangtua, dan jarak rumah. Dari kriteria tersebut diteliti dan mendapatkan nilai tertinggi yang berguna dalam penentuan keputusan untuk  menentukan siswa yang layak diberikan beasiswa miskin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-31
How to Cite
Hadi, F., & Gushelmi, G. (2021). SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA YANG BERHAK MENDAPATKAN BEASISWA MISKIN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 157-166. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.173