ANALISIS PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TINGKAT RENDAH PADA MATERI GEOMETRI

  • Faradiba Jabnabillah Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Batam, Jl. Gajah Mada Kompleks Vitka City, Tiban Ayu – Sekupang – Batam
Keywords: Pemecahan Masalah, Faktual, Fonseptual, Prosedural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksporasi dan mendeskripsikan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pada dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini berdasarkan tingkat kemampuan matematika yaitu tinggi, sedang dan rendah. Akurasi data yang valid dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pemecahan masalah siswa pada soal faktual menunjukkan jawaban siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah memenuhi hampir seluruh indikator kecuali indikator memeriksa kembali jawaban; pemecahan masalah siswa  berkemampuan tinggi, sedang dan rendah pada soal konseptual memenuhi seluruh indikator; pemecahan masalah siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah pada soal prosedural tidak memenuhi beberapa indikator seperti pada indikator menyelesaikan soal dan indikator memeriksa kembali jawaban.

 

 

References

Fatmawati, H., Mardiyana & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9)
Haryani, D. (2012). Profil Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Berjenis Laki-Laki dalam Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta.
Ersoy, E & Guner, P. (2012). Mathematics Teaching And Mathematical Thinking. Journal of Research in Education and Teaching. ISSN: 2146-9199
Das, R & Das, G.C. (2013). Match Anxiety The Poor Problem Solving Factor in School Mathematic. International Journal of scientific and Research Publication, 3(4): 1-5
Kemendikbud. (2019). Konferensi Pers UN 2017 Jenjang SMP UN Untuk Memantau, Mendorong dan Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta.
Desvika, Dian dan Budiyono. (2015). Aspek Kognitif Taksonomi Bloom Dalam Soal Ujian Nasional Matematika SMP Tahun Pelajaran 2013/2014. EKUIVALEN, 18(2)
Marzuqi, A.A., Sugiarti, T & Setiawan, T.B. (2015). Analisis Deskriptif Soal Ujian Nasional Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Negeri Jember. Jember
Oktorizal, Elniati, S & Suherman. (2012). Peningkatan Level Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1)
Fimatesa, W., Fitrani, D & Suherman. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 25-28
Tambunan, H. (2014). Strategi Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Saintech, 6(4)
Yarmayani, A. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA
Riskayani, Werdhiana, I.K & Hatibe, A. (2017). Penerapan Problem Solving Menggunakan Strategi Heuristik Terhadap Pemahaman Konsep Tentang Kalor Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(2)
Nawangsari, T. (2012). Profil Pemecahan Masalah Trigonometri Siswa SMA Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Dokumen Karya Ilmiah. Unirow, 12 Februari 2012
Nirmalitasari, O.S. (2012). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah
Matematika Berbentuk Open-Start Pada Materi Bangun Datar. MATHEdunesa, 1(1)
Sari, Y.M. (2012). Profil Kemampuan Siswa SMP Dalam Memecahkan
Masalah Matematika Open-Ended Materi Pecahan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 1(1)
Polya, George. (1973). How to Solve It ¬¬– A New Aspect of Mathematical Method (Second edition). New Jersey: Princeton University Press
Bloom, B.S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. Canada: DavidMcKay Company, Inc
Nursyahidah, Farida., Bagus & Yana. (2018). Students Problem Solving Ability Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. ISSN: 2503-3697
Hidayat, Wahyu & R. Sariningsih. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan
Matematika. 2 (1)
Published
2020-07-01