ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI “SINAR HARAPAN” STKIP YPM BANGKO DI KABUPATEN MERANGIN JAMBI

  • Kusaimah Kusaimah STKIP YPM Bangko
Keywords: Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Laverage, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan koperasi karyawan “Sinar HarapanSTKIP YPM Bangko. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif dengan objek penelitian yaitu laporan keuangan koperasi “Sinar Harapan” dalam kurun waktu 2011-2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis likuiditas pada koperasi Sinar Harapan dilihat berdasarkan angka rasio yang dihasilkan menunjukkan angka yang cukup baik atau likuid pada analisis Current Ratio  yaitu dengan angka sesuai standar (200%). Analisis Laverage pada koperasi Sinar Harapan menunjukkan hasil yang sangat baik atau solvable dalam memenuhi kewajiban-kewajiban panjang maupun pendeknya. Analisis ROA (Return on Assets) dan ROE (Return On Equity) menunjukkan bahwa kinerja manajemen koperasi sangat baik dalam menghasilkan SHU yang maksimal. Analisis aktivitas menunjukkan tingkat perputaran asset ataupun modal kerja memberikan turn over yang rendah terhadap perolehan pendapatan.

References

Budi, K Susrusa, Dwi Putra Darmawan. Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Buleleng. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 1 No. 2 Oktober 2013
Budiyanto, Albert. Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Karyawan PT XYZ Dengan Metode Trials. Jurnal Essensi Vo. 10 No. Tahun 2007. Hal. 23- 42
Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil 1997/1998. Ukuran Keberhasilan Koperasi.
Firdaus, Filjannatul. 2012. “Analisis Rasio Likuditas, Rasio Solvabilitas dan rasio Profitabilitas terhadap Kinerja Keuangan Koperasi As-Sakinah Di Sidoarjo Tahun 2009- 2012”. Retrieved from E-journal.Unesa.Ac.Id.
IKAPI.1997. Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Semarang CV. Aneka Ilmu.
Ikatan Akuntan Indonesia. 1998. PSAK Nomor 27 (EdisiRevisi 1998).Jakarta. Salemba Empat.. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta. Salemba Empat.
Published
2020-07-01