Asesmen Tingkat Kemampuan Mahasiswa Menggunakan Software Autocad Pada Mata Kuliah Menggambar Teknik
Abstract
Teknik Sipil merupakan salah satu ilmu terapan, mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan. Mahasiswa di tuntut untuk memahami materi pembelajaran secara teori dan praktek. Salah satu mata kuliah yang harus di kuasai oleh mahasiswa adalah menggambar teknik. Program Studi Teknik Sipil Universitas Dharma Andalas menerapkan mata kuliah menggambar teknik dengan sesi tatap muka kuliah, tugas menggambar secara manual, serta praktikum di laboratorium komputer dengan mengajarkan program AutoCAD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data secara kuisioner. Mahasiswa yang mengisi kuisioner adalah mahasiswa aktif yang sudah mengambil mata kuliah menggambar teknik yang terdiri dari 4 (empat) angkatan. Mahasiswa yang mengisi kuisioner sebanyak 76%, dan keseluruhan mahasiswa menyelesaikan praktikum dan tugas menggambar teknik serta seluruhnya setuju bahwa kemampuan dalam ilmu menggambar teknik harus dikuasai oleh lulusan teknik sipil. Mahasiswa yang mempunyai Komputer/Laptop pribadi untuk belajar program sebanyak 93%. Tingkat penguasaan kemampuan dasar-dasar program AutoCAD sudah di pahami lebih dari 50% mahasiswa dimana mahasiswa Sangat paham 18,91%, Paham 44,70%. Sedangkan untuk kemampuan modifikasi gambar, Sangat paham 10,25%, Paham 51,75%. Seluruh mahasiswa mampu menyelesaikan tugas menggambar teknik dan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pada umumnya sudah menguasai program AutoCAD (jumlahnya di atas 50%), namun butuh beberapa penyesuaian metode pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2020 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.