Pengaruh Tampilan UI Dan UX Terhadap Kenyamanan Pengguna Pada Aplikasi OVO
Abstract
Abstract
The user interface and user experience are important factors in an application because the better the application or system, the better the user's response so that users feel at home for a long time in the application. The purpose of this study is to find out how influential the appearance of the user interface and user experience is for a user of the application used. The method used in this study is a heuristic method. The way this method works is by distributing online questionnaires to OVO application users, so that conclusions and suggestions can be drawn.
Abstrak
User interface dan user experience adalah salah satu faktor yang penting dalam sebuah aplikasi karena semakin bagus suatu aplikasi atau sitem tersebut maka semakin baik pula respon pengguna sehingga membuat para pengguna betah untuk berlama lama didalam aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruh tampilan user interface dan user experience tersebut bagi seorang pengguna aplikasi yang digunkaan. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode heuristik. Cara kerja metode ini dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada para pengguna aplikasi OVO, sehingga dapat menghasilkan kesimpulan dan saran
Downloads
References
C. Zada and Y. Sopiana, “Penggunaan E-Wallet Atau Dompet Digital Sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah,” JIEP J. Ilmu Ekon. dan Pembang., 2021, [Online]. Available: http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jiep/article/view/3556
A. S. Kustono, A. Y. A. Nanggala, and I. MAS’UD, Determinants of the use of e-wallet for transaction payment among college students. repository.unej.ac.id, 2020. [Online]. Available: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103455
E. Putri, “Minat Penggunaan Berulang E-Wallet Ovo Yang Dipengaruhi Oleh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Serta Promosi (Studi Kasus Pada Karyawan PT …,” EMaBi Ekon. Dan Manaj. Bisnis, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi/article/view/1257
W. Widiyanti, “Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok,” Monet. Akunt. dan Keuang., 2020, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/238335/7567-22011-2-PB.pdf
M. D. D. Akhmadi and E. Martini, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo,” J. Mitra Manaj., 2020, [Online]. Available: http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/385
B. Foster, “Pengaruh Servqual Terhadap Kepuasan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pengguna E-Wallet (OVO),” BISMA J. Bisnis dan Manaj., 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/10990
A. Rifki, Analisis Pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Marketplace. scholar.unand.ac.id, 2021. [Online]. Available: http://scholar.unand.ac.id/84147/
D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. …, 2021, [Online]. Available: http://journal.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/730
N. F. Hakim, D. Muriyatmoko, and ..., “Analisis Dan Perancangan UI/UX Website Roya La-Tansa Mart Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” … Semin. Nas. Has. …, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2210
R. F. A. Aziza and M. F. Mufhadhal, “Analisis Pengaruh User Interface Dan User Experience Platform Online Menggunakan Metode Heuristik,” Respati, 2022, [Online]. Available: https://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/463
S. Balafif, “ANALISIS WEBSITE MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION BERBASIS SEVERITY RATINGS DAN SYSTEM USABILITY SCALE,” J. Inform. Teknol. dan Sains, 2022, [Online]. Available: http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/1767

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.