Dampak Philantrophy Dalam Memoderasi Kinerja Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Abstract
This Maximizing corporate value is a company's long-term goal that can be realized by maximizing shareholder value. The one of way that can be used to maximize firm value is by optimizing financial performance, which is usually proxied by financial ratios. Furthermore, these financial ratios include ROE, ROA, which can describe how successful management is in managing the company. This study aims to examine the effect of return on equity (ROE) and return on assets (ROA) on the firm value. Furthermore, due to the inconsistency of the research results obtained through previous research, the researcher added Philanthropy as a moderating variable. With the addition of the phianthropy variable, it is hoped that it will strengthen the influence of the independent variables on the firm value. The data collection method uses purposive sampling on consumer cyclicals sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). which has published financial reports for the period 2018-2020. Methods of data analysis using multiple linear regression test and Moderated Linear Regression (MRA). In this study, it was found that Phylantrophy was able to moderate by strengthening the effect of ROE on the firm value significantly.
ABSTRAK
Memaksimalisasi nilai perusahaan merupakan tujuan jangka panjang perusahaan yang dapat diwujudkan dengan pemaksimalan nilai pemegang saham. Salah satu cara yang dapat digunakan memaksimalkan nilai perusahaan dengan mengoptimalkan Kinerja keuangan yang biasanya diproksikan dengan rasio keuangan. Selanjutnya rasio-rasio keuangan tersebut diantaranya adalah ROE, ROA , dapat menggmbarkan seberapa berhasilnya manajemen mengelola perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on equity (ROE) dan return on asset (ROA) terhadap nilai perusahaan . Selanjutnya karena adanya ketidakkonsistnan hasil penelitian yang di dapatkan melalui penelitian terdahulu maka peneliti menambahkan Philantrphy sebagai variabel moderating. Dengan adanya penambahan variabel phiantrophy ini di harapkan dapat memperkuat kuat pengaruh variabel independen terhadap nilai perusahaan . Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling pada perusahaan sektor Consumer Cyclicals yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). yang telah menerbitkan laporan keuangan periode 2018-2020. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dan Moderated Regresion Linear (MRA). Pada Penelitian ini di dapatkan Phylantrophy mampu memoderasi dengan memperkuat pengaruh ROE terhadap nilai perusahaan secara signifikan
References
Anggraini, Dewi. (2016), “Financial Distress Model Prediction for Indonesia Companies.”
International Journal of Management and Administrative Sciences, 3(4), 74-84
Fachruddin, KA. Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Personal. USU Press. 2008
Beaver,William H. (1966). “Financial Ratios as Predictors of Failure, Journal of Accounting
Research, 4, 71-111, https://doi.org/10.2307/2490171.
Brigham, E.F., dan J.F. Houston, 2009. Fundamentals of Financial management.
6th Edition, South Western, Cengage Learning.
Brigham dan Houston. 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan; Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.
Fachrudin, Khaira Amalia.2011. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan
Agensi Cost Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.
Foster, George. 1986. Financial Statement Analysis. Prentice Hall, Englewood Cliffs, New
Jersey
Fraco & Miller, Merton H,. 1958, The Cost of Capital, Corporation and The Theory of
Investment. The American Economic Review. Vol. 48,No.3.pp.261-297
Frydenberg, Stein,.2004, Theory of Capital Structure – A Review.Journal Economic of
Literature.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Hamid Bidin, Ninik Annisa, Nor Hiqmah, Tyas Wardhani Pusposari, Yul Amrozi, Z.
E. P. (2017). Pemetaan Lembaga Filantropi Pendukung Riset. Kajian Diagnostik, 3–4.
Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size terhadap Nilai Perusahaan dengan
Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Siasat Bisnis Vol.16 No.2.
Humairoh, F. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan
Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa efek Indonesia. Balance, 15(2), 162–188.
Jensen, Michael C, and William H Meckling. (1976). “Theory of The Firm: Managerial
Behaviour, Agency Costs and Ownership Structure. J.Fin Econ. 3, 162-176
Kaen, Fred R,.& Baumann, Hans, 2003, firm Size, Employees and Profitability in U.S Manufacturing Industries. Journal of Economic Literature
Kim, Byungmo,.& Lee, Inmoo,. 2003. Agency Problem and Performance of Korean Companies during the Asian Financial Crisis: Chaebol vs non-Chaebol Firms. Pacific-Basin Finanve Journal
Lisiantara, G, Anggana, and Lilik Febrina. (2018). “Growth Sebagai Preditor Financial Distress
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun
2013-2016). “Prosiding SENDI, 978-979.
Munawir, S,. 2007. Analisis Informasi Keuangan Yogyakarta: Liberty
Munawaroh, A., & Priyadi, M. P. (2014). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai
Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel
Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol.3 No. 4
Narsiah, S. (2016). Pengaruh Philanthropy Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan
Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan
Keuangan, 13(1), 58–70.
Raflis, Ratnawati, Indrayeni. (2016) “Kinerja Perusahaan dan Faktor Yang Mempengaruhinya Perbandingan Perusahaan yang mengalami Financial Distress Dan Yang Tidak Mengalami Financial Distress Pada Perusahaan Perbankan di Indonesia”. Menara Ilmu, Vol X Jilid 1, No 66. 183-195.
Raflis, Ratnawati. (2014). “The Remodeling Bankruptcy Model of Combinations Spri ngate,
Zmijewsky , Altman and Groever Scoring” , Proceeding ICBE-UNAND
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.
Spence, Michael (1973) “Job Market Signalling “ The Quarterly journal of Economics. 87(3).355-374
Su’aidah, Sitta. 2010. Pengaruh ROA dan ROE terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungakapan Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan manajerial sebagai Variabel Pemoderasi. Rangkuman Skripsi. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran
Perusahaan, Struktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan dan Minuman. E-Jurnal Manajemen, 8(4), 2302–8912.
Weston, J. Fred dan Eugene F. Brigham, 1993. Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Alih Bahasa: Dodo Suharto dan Herman Wibowo, Erlangga, Jakarta