Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Nagari Syariah Cabang Padang

  • Prima Yulianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Yola Elyana Sugeng Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Masruri Masruri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
Keywords: Job Satisfaction, Organizational Commitmen, Performance

Abstract

The Covid 19 pandemic has changed many things, including human resources. Human Resources are the prime mover and become an important element in achieving the success of a company. The existence of reliable and competent human resources will make it easier for the company to achieve its goals. One of the efforts to achieve the success of an organization is through employee performance. According to Rahmawati (2019), performance is the work achieved by employees both in quality and quantity in carrying out tasks in accordance with the responsibilities given. Therefore, to improve the performance of its employees, Bank Nagari Syariah Branch of Padang continues to evaluate the factors that affect performance such as job satisfaction and organizational commitment. This study aims to determine and analyze the effect of job satisfaction and organizational commitment on the performance of employees of Bank Nagari Syariah, Padang branch. The method used in this research is quantitative method, by distributing questionnaires to all employees of Bank Nagari Syariah Branch of Padang, totaling 38 people. The sampling technique used was total sampling technique, namely the census method. The results obtained are job satisfaction and organizational commitment simultaneously affect employee performance.

 

ABSTRAK

Pandemi covid 19 banyak mengubah banyak hal termasuk pada sumber daya manusia.  Sumber Daya Manusia merupakan penggerak utama serta menjadi elemen penting dalam mencapai keberhasilan sebuah perusahaan. Dengan adanya sumber daya manusia yang handal dan berkompeten akan mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuan. Salah satu upaya dalam mencapai keberhasilan sebuah organisasi yaitu melalui kinerja karyawan. Menurut Rahmawati (2019), Kinerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh karyawan baik secara kualitas maupun kuantitas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja karyawannya, Bank Nagari Syariah Cabang Padang terus mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seperti kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Bank Nagari Syariah cabang Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan Bank Nagari Syariah Cabang Padang yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik total sampling, yakni dengan metode sensus. Hasil yang didapat kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Akbar, F., Hamid, D., & Djudi, M. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap PG Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 79–88.

Daniel, F., & Purwanti, A. (2015). the Impact of Organizational Culture and Job Performance To. 1997, 1–18.

Diana, & Anggreani, Y. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tunas Perkasa Tekindo. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(2), 93–102.

Hasibuan, M. s. p. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.

Henry Haris. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan Di Pt. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi Dan Ritel Bandung. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(2), 135–151.

Indrawan, M. I. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (PERSERO) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal Ilmiah, 1(3), 111–117.

Irma, A. (2019). Organisasi Pada Karyawan Outsourching Di PT Telkom Regional 1 Sumatera. Universitas Medan Area

Lestari, A. I., & Widiandhono, H. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompensasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bpr Surya Yudha Kencana Banjarnegara. Jurnal Manajemen Dan Binis, 19(1), 202–211.

Mangkunegara, A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya.

Mardiyana, Sutanto, A., & Abdul Choliq Hidayat. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 100–113.

Mekta, H. Q., & Siswanto, S. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT . Indra Kelana Yogyakarta. Jurnal Profita, 2(1), 1–8.

Rahmawati, M. & K. J. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Implementasi Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Lantabur. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 63–72.

Sutrisno, Haryono, A. T., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening. Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang, 02(02), 1–11.

Wibowo. (2015). Perilaku Dalam Organisasi. PT. Grafindo Persada.

Published
2022-07-31