Identifikasi Potensi Wisata Syariah dan Strategi Pengembangannya Ditengah Pandemi Covid-19 Di KabupatenPesisir Selatan

Main Article Content

Ezizwita Ezizwita
Firsta Firsta
Tri Sukma

Abstract

This study aims to identify tourism potential that carries the concept of sharia to be applied in Pesisir Selatan Regency and the strategy for developing sharia tourism in accordance with the current pandemic situation. The research method used is descriptive qualitative. The results of the SWOT analysis show that the strategy that can be used to develop sharia tourism in Pesisir Selatan Regency is an aggressive strategy. Analysis of internal and external factors shows the potential for sharia tourism in Pesisir Selatan Regency is in grow and build position. The alternative strategy is market penetration, market development, and tourism product development. The development of sharia tourism in a pandemic condition must follow several guidelines, such as implementing strict health protocols in tourist areas, frequently clean the service area with disinfectant, prioritize take away service and delivery orders, utilizing non-cash transactions to minimize the risk of virus transmission, process and package products hygienically and provide of foods that can increase the body's immunity.Tourism industry stakeholders need to create various incentives to encourage tourism demand, such as offering discount flights or hotels and accommodation at tourist attractions.


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi wisata yang mengusung konsep syariah untuk diterapkan di Kabupaten Pesisir Selatan dan strategi pengembangan wisata syariah tersebut sesuai dengan situasi pandemi saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil analisa SWOT menunjukkan strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan wisata syariah di Kabupaten Pesisir Selatan adalah strategi agresif yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Analisa faktor internal dan eksternal, potensi wisata syariah di Kabupaten Pesisir Selatan berada dalam posisi tumbuh dan membangun (grow and built). Alternatif strategi yang tepat adalah melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk wisata. Pengembangan wisata syariah di tengah pandemi harus mengikuti beberapa panduan, seperti menerapkan protokol kesehatan ketat di area wisata dan tempat berkumpul. Sering membersihkan area servis dengan desinfektan untuk memenangkan kepercayaan wisatawan, mengutamakan take away service dan delivery order. Memanfaatkan transaksi non tunai untuk memperkecil resiko penularan virus. Pengemasan produk secara higienis. Beralih ke menu makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Para pemangku kepentingan industri pariwisata perlu membuat berbagai insentif untuk mendorong permintaan pariwisata, seperti memberi penawaran diskon pesawat atau hotel dan akomodasi di tempat wisata.


 

Article Details

Section
Articles

References

Alim, Haidar Tsany, et. all. 2021. Analisis Potensi Pariwisata Syariah
dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dalam http://eprints.undip.ac.id/45828/1/Artikelpdf. diakses 27 Juli 2021
Andriani, D.,dkk, 2015, Pengembangan Wisata Syariah, Kemenpar, Jakarta.
Ansofino. 2012. Potensi Daya Tarik Obyek Pariwisata dalam Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat. Economica, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 1 No. 1, Oktober
Bawazir, Thohir. 2013. Panduan Praktis Wisata Syariah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Gunardi, Gugun. 2010. Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tangerang. Jurnal PLANESA TM. Vo. 1, No. 1, Mei 2010
Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Haluan.wordpress.com/2007
Herfita, Devi , Tri Widyastuti, Irvandi Gustari. 2017. Analisis Strategi Bisnis Pada PT Gancia Citra. Jurnal EKSEKUTIF, Vol. 14, No. 2, Desember 2017
https://bali.tribunnews.com/2018/11/10/kemenpar-targetkan-20-juta-wisman-pada-2019-putri-diharapkan-mampu-hadirkan-destinasi-unik (Diakses tanggal 1 Agustus 2019)
https://bisnis.tempo.co/read/1429918/bps-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2020-207-persen?page_num=2 (Diakses tanggal 28 Juli 2021)
https://bisniswisata.co.id/2018-kunjungan-wisman-ke-sumbar-merosot/ (Diakses tanggal 2 Agustus 2019)
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3209609/sumatera-barat-dikunjungi-78-juta-wisatawan-domestik-tahun-ini (Diakses tanggal 2 Agustus 2019)
https://news.okezone.com/read/2018/ 12/21/1/1994416/pariwisata-indonesia-jadi-sumber-devisa-kemenpar-mantap-tatap-2019
https://sumatra.bisnis.com/read/20190204/534/885208/jumlah-wisman-ke-sumbar-2018-turun-441 (Diakses 2 Agustus 2021)
https://sumbartravel.com/wp-content/uploads/dataupload/statistik%20pariwisata%20sumbar-2020.pdf
Juwono, Onny. 2011. Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) (Studi Kasus di Restoran Cepat Saji McDonald’s) Periode Oktober - Desember 2011. http://fe.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2011/05/jurnal-analisis-manajemen-strategik-mcdonalds_Onny_Yuwono.pdf. (Diakses tanggal 25 Juli 2020)
Kemenpar. Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. http://www.kemenpar.go.id (diakses 27 Juli 2021)
Kemenpar. Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. http://www.kemenpar.go.id (diakses 27 Juli 2021)
Masbiran, Vivi Ukhwatul K. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Sumatera Barat Impact Of The Covid-19 Pandemic On West Sumatera Tourism. Jurnal Pembangunan Nagari. Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2020 : 148 - 164
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Noviantoro, Kurnia Maulidi dan Achmad Zurohman. 2020. Prospek Pariwisata Syariah (Halal Tourism): Sebuah Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 8, Nomor 2, 275-296, P-ISSN: 2355-0228, E-ISSN: 2502-8316, http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/equilibrium
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rendayani, Mentari, dan Unggul Priyadi. (tanpa tahun). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Wisata Syariah Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung, Prosiding National Conference on Applied Business ISBN: (tanpa nomor)
Sancoko, Aldo Hardi. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya. AGORA, Vol. 3, No. 1, (2015).
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama
Silitonga, Samuel Saut Marihot, dan Putu Anom. 2016. Kota Tua Barus sebagai Daerah Tujuan Wisata Sejarah di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Destinasi Pariwisata. ISSN: 2338-8811. Vol. 4 No 2.
Soedarso, Muchammad Nurif, dan Windiani. 2014. Potensi dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bojonegoro). jsh Jurnal Sosial Humaniora. Vol 7, No.2, November 2014
Sucipto, Hery dan Fitria Andayani. 2014. Wisata Syariah: Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangannya. Jakarta: Grafindo Books Media dan Wisata Syariah Consulting.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.