Determinan Kepuasan Pengguna E-Filing Masa Pandemi Covid-19

  • Ridho Pramana Aji Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Adriyanti Agustina Puti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dian Puji Puspita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: information quality, system quality, service quality, e-filing user satisfaction, kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuaan pengguna e-filing

Abstract

E-filing is a facility provided by the Direktorat Jendral Pajak (DJP) to report tax resposibility. The advantage of e-filing is that taxpayers can report their tax return (SPT) without being limited by distance, time and place. This fits perfectly with the COVID-19 pandemic situation, which requires us to limit face-to-face interactions. This study aims to evaluate the effect of information quality, system quality, and service quality on e-filing user satisfaction during the Covid-19 pandemic. This research was conducted using a survey method by distributing online and offline questionnaires to individual taxpayers who use e-filing registered at the Pekanbaru Senapelan Tax Service Office. The sample was selected using purposive sampling technique so that the sample obtained was 100 respondents. Hypothesis testing in this study used multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that information quality and system quality have a positive effect on e-filing user satisfaction. Service quality has no effect on efiling user satisfaction.

ABSTRAK

E-filing merupakan sarana kemudahan yang disediakan Direktorat Jendral Pajak (DJP) untuk melaporkan kewajiban perpajakan. Keunggulan e-filing adalah wajib pajak dapat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tanpa dibatasi jarak, waktu dan tempat. Hal ini sangat cocok dengan situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan kita membatasi interaksi tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna e-filing pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline kepada wajib pajak orang pribadi yang menggunakan e-filing yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pekanbaru Senapelan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas informasi dan kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna e-filing. Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna  efiling.

References

Afriyadi, A. D. (2014). Masyarakat Belum Terbiasa Setor Pajak Lewat e-Filing. Liputan6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2030402/masyarakat-belum-terbiasa-setor-pajak-lewat-e-filing

Baikhuni, J. E. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Sistem Terhadap Minat Penggunaan E-Filing Dengan Persepsi Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Intervening.

Damayanti, N. A., Maslichah, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jra, 09(07), 15–25.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95. https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60

Fathya, N. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Enterprise Resource Planning (Studi Empiris Pada Pt. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Cab. Tanjung Morawa Medan).

Ginting, D. B., & Marlina, M. R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas layanan, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepuasan Pengguna Fasilitas E-Filing. Media Informatika, 16(1), 20–31.

Hatta Hambali, A. J. (2020). The Success of E-Filing Adoption during COVID 19 Pandemic: The Role of Collaborative Quality, User Intention, and User Satisfaction. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(1), 57–68. https://doi.org/10.14414/jebav.v23i1.2233

Indrasari, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan , Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan. 4(2), 15–32.

Kanwil DJP Riau. (2020). Kanwil DJP Riau Sampaikan Capaian Triwulan III Tahun 2020. Www.Pajak.Go.Id. https://www.pajak.go.id/id/siaran-pers/kanwil-djp-riau-sampaikan-capaian-triwulan-iii-tahun-2020

Leonita, S. (2020). Penerapan Sistem E-Filing Pada Pelaporan Surat Pemberitahuan (Spt) Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Tampan.

Misrawati, I. (2021). Analisis Persepsi Manfaat Dan Kemudahan E-Filing Dalam Penyampaian Spt Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan.

Rara Susmita, P., & Supadmi, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 14(2), 1239–1269.

Risiyanto, A. (2014). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Sistem Informasi Klinik. Yogyakarta, Unversitas Negeri Yogyakarta, 28.

Ronal. (2020). Imbas Corona, Pelaporan SPT Pajak Tahunan Menurun. Pasardana.Id. https://pasardana.id/news/2020/4/1/imbas-corona-pelaporan-spt-pajak-tahunan-menurun/

Safitri, D., Silalahi, S. P., Bisnis, E., & Riau, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus , Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak : Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. 20(2), 145–153.

Sarazkha, M. A. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Persepsi Kemudahan Dan Keteapatan Waktu Penggunaan E-filing Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi. 53(9), 1689–1699.

Sari, A. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Kualitas Sistem E-Filing Terhadap Kepuasan Pengguna (Wajib Pajak) (Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Garut Tahun 2017). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Soraya, A. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Pada Sistem E-Filing Terhadap Kepuasan Pengguna (Wajib Pajak) Dengan Metode Service Quality Pada Kantor Pelayanan Pajak Ilir Barat Palembang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Penerbit Alfabeta.

Widyadinata, Y., & Toly, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, Dan Kerahasiaan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Tax & Accounting Review, 4(1), 1–13.

Published
2022-01-27