Strategi Bertahan UMKM Kuliner Kota Padang Saat Pandemi Global Covid 19

Main Article Content

Yenni Del Rosa
Idwar Idwar

Abstract

The research objective was to determine the strategies used by culinary MSME players in the city of Padang during the Covid 19 pandemic in order to survive by paying attention to various internal and external factors of each MSME. The research method uses qualitative methods. Methods of data collection using field research, interviews, observation and documentation. The research sample was determined using a purposive sampling technique as many as 193 out of 371 populations. Methods of data analysis using qualitative analysis methods. The results showed that the culinary MSME players in the city of Padang in order to survive the Covid 19 pandemic had used strategies to increase sales turnover by using digital marketing techniques through social media such as Instagram, Facebook, WhatsApp and collaborating with Gofood and Grabfood.


ABSTRAK


         Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui strategi yang digunakan oleh para pelaku  UMKM kuliner di kota Padang saat pandemi global covid 19 agar dapat bertahan dengan memperhatikan berbagai faktor internal dan faktor eksternal dari  masing-masing UMKM.   Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode field research, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel ditentukan  menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 193   dari 371 populasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ternyata para pelaku UMKM kuliner di kota Padang agar dapat bertahan saat pandemi covid 19 sebagian telah menggunakan strategi untuk meningkatkan omset penjualan dengan cara menggunakan teknik pemasaran digital melalui media sosial seperti instagram, facebook, whatshap serta bekerjasama dengan   gofood dan grabfood.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Komarudin. 2014. Akuntansi Manajemen. Dasar-Dasar Konsep Biaya dan Pengambilan
Keputusan. Jakarta : Rajagrafindo.
Alfin Samir, Dwi Larso. 2014. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta : Erlangga.
Amri, A. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand. 2(1) :
123 – 130.
Anwar, A. 2017. Online vs Konvensional : Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi Di Kota Makasar. Jurnal Etnografi Indonesia. Volume 2 : 220 – 246.
Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Indonesia 2019. Jakarta : BPS.
Bank Indonesia. 2018. Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta : Bank Indonesia.
Chandler, 1962. Strategy and Structure : Chapters in the History of American Industrial Enterprise. Cambridge : The MIT Press.
Cieslewicz, J.K. 2014. Relationship Between National Economic Culture, Institution and Accounting : Implication for IFRS. Critical Perspective on Accounting Journal. 25(6) : 511 – 528.
Dinas Koperasi dan UMKM. 2019. Profil UMKM Kota Padang.
Gray, R, Owen D and Maunders K. 1996. Corporate Social Reporting : Emerging Trends in Accountability and the Social Contracts. Accounting, Auditing & Accountability Journal. 1(1) : 6 – 20.
Haag and Keen. 1996. Information Technology : Tomorrow’s Advantage Today. New York : McGraw Hill College : 30.
Hafsah, Muhammad. 2020. Upaya Pengembangan UMKM. Infokop No.25 Tahun XX.
Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Ismail. 2010. Akuntansi Bank Teori dan Aplikasi dalam Rupiah. Edisi Revisi. Jakarta : Innedia.
Kuesno, D.A. 2020. Survei Kebiasaan Makan Orang Berubah Akibat Pandemi Covid 19. Tirto.Id.https://tirto.id/survei-kebiasaan-makan-orang-berubah-akibat-pandemi-covid-19.
Kurniawan, P. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi. 11(2) : 217 – 225.
Laksamana, Rio. 2019. Persepsi UMKM Terhadap Transportasi Online di Wilayah Kalimantan. Jurnal Motivasi. 15(1) : 48 – 54.
Learned, Christensen. 1965. Business Policy : Text and Cases. Homewood : Richard D. Irwin.
Marzali, Amri. 2016. Antropologi Pembangunan Indonesia. Jakarta : Kencana.
Pamungkas, Tree Setiawan dan Galih Wicaksono. 2009. Analisis Efektifitas dan Kontribusi Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan Terhadap PAD Kabupaten Jember. Jurnal STIE Semarang. 9(1). Edisi Februari : 81 – 89.
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : GramediaPustaka Utama.
Rosa, Yenni Del dan Idwar. 2020. Kajian Omset UMKM Saat Pandemi Covid 19 Ditinjau Dari Faktor Internal dan Eksternal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas. 23(1) : 195 – 207.
Samir, Alfin dan Dwi Larso. 2011. Identifikasi Faktor-Faktor dan Memepengaruhi Kinerja UKM Catering Di Kota Bandung. Journal of Technology Management. 10(2) : 162 – 184.
Sandy, K.F. 2020. Survei BI 72,6 Persen UMKM Turun Omset Akibat Pandemi Covid 19. Inews.Com.IdFinance.https://www.inews.id/finance/makro/survei-bi-72,6-persen-umkm- turun-omset-akibat-pandemi-covid-19.
Sari, Aprilia Kartika. 2014. Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011 – 2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, E.P & Yuedrika T. 2019. Analisis Pengaruh Transportasi Online Terhadap Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.4(2): 100 1113.
Sarwoko, E, Surachman, Armanu & Hadiwidjoo, D. 2013. Entrepreneurial Characteristic and Competency as Determinant of Business Performance in SMEs. IOSR Journal of Business and Management. 7(3) : 31 – 38.
Sugiarti, Y, Sari Y & Hadiyat M. 2020. E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Sambal Di Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2) : 298.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukesti, F dan Nurhayati. 2008. Strategi Pengembangan UMKM Melalui Peningkatan Modal Kerja Dengan Variabel Intervening Pengembangan Bisnis Pada UMKM Makanan Kecil Di Kota Semarang. The 2nd University Research Coloqium Universitas Muhammadiyah Semarang : 207 – 216.
Sullivan, Arthur . 2003. Urban Economics 6th Edition. McGraw-Hill. New York.
Supri, Mulyadi. 2003. Ekonomi Sumberdaya Manusia. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonisia.
Tambunan, Tulus. 2012. UMKM di Indonesia : Beberapa Isu Penting. Jakarta : Salemba Empat.
Undang-Undang No. 9 tahun 1995 tentang Usaha Kecil.
Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah.