Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra dan Rintangan Beralih Terhadap Loyalitas Siswa SMA pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation di Kota Padang

Main Article Content

Sari Handayani
Selvi Zola Fenia
Yeki Candra

Abstract

This research is aimed to analyse several purpose such as: 1) service quality and image toward the switching barrier of learning course in Padang, 2) service quality, image and switching barrier of course toward the loyalist of senior high school in Padang. The population of this research was taken from senior high school student in Padang who studied in course such as Ganesha Operation. Among 839students who became population, there were 167 students were chosen as sample. The method of cluster proportional random sampling was used as a technique sampling. In the term of technique of collecting data, the writer applied questioner method. In analysing data the writer used path analysis. Moreover, in examining the hypothesis, t-test and F-test of α 5 % assisted by SPS S version 15. This research show that: 1) Service Quality and Image have significant and direct impact toward switching barrier in course in Padang. 2) Service Quality did not have any significant and direct impact toward the senior high school student’s Loyalist in Padang, but Service Quality have indirect impact toward senior high school student’s Loyalist through Switching Barrier.


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra lembaga Bimbel terhadap rintangan beralih pada siswa SMA di kota Padang, dan pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga  dan rintangan beralih lembaga Bimbel  terhadap loyalitas siswa SMA di kota Padang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA di kota Padang yang mengikuti bimbingan belajar pada lembaga Bimbel Ganesha Operation. Populasi  pada  penelitian  ini berjumlah 839 orang, kemudian di ambil sampel sebanyak 167 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster proportional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara menyebarkan angket penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F pada α 5 % dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan dan citra lembaga Bimbel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rintangan beralih pada lembaga Bimbel di kota Padang. (2) kualitas pelayanan lembaga Bimbel tidak memiliki pengaruh  yang signifikan terhadap loyalitas siswa SMA di kota Padang.  Namun,  citra  lembaga  dan  rintangan  beralih  memiliki pengaruh  yang cukup  signifikan  terhadap  loyalitas  siswa  SMA di  kota  Padang.  

Article Details

Section
Articles

References

Assegaff, Mohammad. 2009. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT.Garuda di Kota Semarang)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10. No.3 Juli. Hal.171 – 186. Unisulla Semarang. Semarang.
Hasim, Yasril. 2014. “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Pemerintah Di Kota Padang”. Hal.515-522. SNaPP2014 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora.
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Afabeta.
Irawan D., Handi. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan ke tiga. Elex
Media .K.
Juhari. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Centrum Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah. Vol. IV No. 3. STIE Pertiba Pangkalpinang.
Kasmir. 2010. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Prabowo, Ismail. 2010. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah”. Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Prayitno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Medikom.
Sabihaini. 2002. Analisis Konsekuensi Keperilakuan Kualitas Layanan : Suatu
Penelitian Empiris, Manajemen Usahawan, No. 02/TH. XXXI Februari 2002.
Sallis, Edward. 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Subri, Mulyadi. 2002. “Ekonomi Sumber Daya Manusia”. Jakarta. PT. Rajawali.
Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk meningkatkan
Pangsa Pasar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumardi. 2008. “Metodologi Penelitian” . Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Taslan, Yoni. 2008. Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Terhadap Word Of Mouth Nasabah Tabungan Haji Bank Nagari (Studi Kasus Bank Nagari Cabang Painan). Tesis. Magister Manajemen. Universitas Negeri Padang