Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Konveksi Ega Collection

Main Article Content

Agus Dwi Cahya
Fransizka Ayu Kristiani
Nova Sari Dewi
Niken Mayrenda

Abstract

This study aims to analyze the effect of the marketing mix (4P) on consumer buying interest at the Ega Collection Convection UMKM in the field of convection in the area of ​​Jl. Bantul No.12 Gedongkiwo, Mantrijeron, DI Yogyakarta. This research is a quantitative research and data dissemination through questionnaires. The number of samples was 94 respondents where the respondents were consumers of the Ega Collection Convection.In data analysis, this research uses descriptive analysis method, data quality test, classical assumption test and simple linear regression test. This research was conducted to determine how much influence the Marketing Mix has on buying interest in convection products. The results of this study are the marketing mix, namely place, price, product, and promotion, which have a positive and significant effect on consumer buying interest in Ega Collection Convection.


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruhmarketing mix (4P) terhadap minat beli konsumen pada UMKM Konveksi Ega Collection dalam bidang konveksi di daerah Jl. Bantul No.12 Gedongkiwo, Mantrijeron, DI Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penyebaran data melalui kuisioner. Jumlah sampel sebanyak 94 responden dimana responden tersebut adalah konsumen Konveksi Ega Collection. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap minat beli produk konveksi. Hasil penelitian ini adalah marketing mix yaitu place, price, product, and promotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat belikonsumen Konveksi Ega Collection.

Article Details

Section
Articles

References

Alhaq, D. D., & Dewi, C. K. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Bright Gas di Kota. 7(2), 6666–6674.
Ardiyansyah, R., & Sugiharto, S. (2012). Analisis Pengaruh Bauran Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Puspa Agro Robby. Jurusan Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, 1–8.
Farih, A., Jauhari, A., & Widodo, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. 4(1), 41–60.
Febriansyah, & Reni, D. (2020). Peran Bauran Pemasaran di Minimarket 212 Mart Karawaci Tangerang dalam Mendorong Minat Beli Konsumen. 10(1), 49.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Mutivariate Dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hutapea, R. C. D., & Herman, H. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt . Capella Dinamik. 3(September), 465–476.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable pada e-commerce shopee. 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35
Marendra, I. G. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket (Alfamart Atau Indomaret). 1(3), 2598–2823.
Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). Jurnal IImiah Teknologi, 3(1), 41–49. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA
Produk, P., Terhadap, P., Setyawan, A. A., Ekasari, R., Dewi, N. N., & Ekonomi, F. (2020). Pengaruh produk, harga, promosi terhadap minat beli konsumen lele di sidoarjo. 3(1), 224–234.
Sari, S. N. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan Melalui Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Obyek Wisata Kepulauan Seribu). Majalah Ilmiah Bijak, 13(1), 90–104. https://doi.org/10.31334/bijak.v13i1.53
Setyawan, A. A., Ekasari, R., & Dewi, N. N. (2020). Pengaruh produk, harga, promosi terhadap minat beli konsumen lele di sidoarjo. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMAHA, 3(1), 227.
Sholohah, S. A., & Sulistyawati, A. I. (2018). Fokus Ekonomi. Jurnal Fokus Ekonomi, 13(2), 280–300.
Sianturi, C. E. M., & Mulyaningsih, H. D. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (studi Pada Kfc Cabang Buah Batu, Bandung). EProceedings of Management, 4(3), 2916–2921.
Silaningsih, F., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan the Effect of Marketing Mix To Consumen Willingness To Buy in Micro Small Medium Enterprises ( Msme ) Snacks Product Materi Dan M. Jurnal Sosial Humaniora P-ISSN 2087-4928 e-ISSN 2550-0236, 9 (2), 144–158.
Walean, R. H., Harianja, H., & Karwur, E. N. (2020). The Effect of Marketing Mix Towards Consumer Purchase Intention in Carrefour Transmart Kawanua. Klabat Journal of Management, 1(2), 20–40.
Widyaningrum, N. A. (2017). Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 635–641.
(Sholohah & Sulistyawati, 2018)