Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Nasabah Dharma Andalas Laboratory (DAL) Bank Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas

Main Article Content

Febryandhie Ananda
Afitri Hidayani

Abstract

This study aims to look at the factors that influence student interest in becoming a customer of the Dharma Andalas Laboratory (DAL) Bank. Case studies of students of the Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University. This type of research is descriptive quantitative. The population of this study were all students of the Faculty of Economics and Business at Dharma Andalas University who were customers of DAL bank, totaling 1136 people. In this study, using accidental sampling technique in sampling and the number of samples in this study were 295 people. This study uses multiple linear regression analysis in analyzing research data. The results of this study are the variables of religiustas, facilities, knowledge and promotion partially have a positive and significant effect on students' interest in saving in bank AMD. The simultaneous test results in this study are all independent variables together have a significant effect on students' interest in saving in bank DAL.


 ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi nasabah Bank Dharma Andalas Laboratory (DAL). Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas yang menjadi nasabah bank DAL yang berjumlah 1136 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dalam pengambilan sampel dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 295 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini adalah variabel religiustas, fasilitas, pengetahuan dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa menabung di bank AMD. Hasil uji simultan dalam penelitian ini adalah semua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat siswa menabung di bank DAL.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiman, & Agus, R. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Empat.
Daniati, N. (2018). Faktor Penghambat Minat Masyarakat Betungan Mengajukan Pembiayaan Pada Bank Syariah. Bengkulu: Program Studi Perbankan Bank Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Faisal. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ). Jurnal Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghufron, M. N. dan, & Risnawita, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Khotimah, N. (2018). pengaruh religiusitas, kepercayaan, citra perusahaan dan sistem bagi hasil terhadap minat nasabah menabung dan loyalitas di bank syariah mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik). Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen Vol 5 No 1 Hal 37-48.
Kinnear, T. C. dan, & Taylor, J. R. (2003). Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo.
Kurniawan, A. (2014). Metode Riset Untuk Ekonomi & Bisnis Teori Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta.
Notoatmodjo, S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurul Qomariah. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember). JEAM Vol X No. 1/2011, X(1), 30–42.
Oliver, R. L. (2006). Satisfaction : A Behavioral Perspective on The Consumer. New York: McGraw-Hill.
Palenewen, P., Kawet, L., & Tielung, M. (2014). Kualitas Layanan Dan Fasilitas Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI Cabang Pembatu Palu. Jurnal EMBA Vol 2 No 3 September Hal 185 - 197.
Priyatno, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.
Saraswati, N. (2016). Pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Magelang (studi kasus pada masyarakat Kota Magelang). Tugas Akhir Jurusan D3 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.
Sekaran, U. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2011). ServiceeManagementtMewujudkannLayanan Prima. Yogyakarta: Andi.
Wahyuningrum. (2005). Buku Ajar Manajemen Fasilitas Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNP.
Yanuarti, E. (2018). Pengaruh Sikap Religiusitas Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan Vol. 3, No. 1, 2018 P3M Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup – Bengkulu Available.