Keputusan Pembelian Online Saat Pandemi Covid 19 di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas

Abstract
This study aims to identify the behavior of online purchasing decisions by students during the Covid 19 pandemic at the Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University. The study population was 1,132 people and a sample of 296 people used the Slovin formula with the sampling technique using proportional sampling allocation. Data collection techniques using documentation studies, surveys and questionnaires obtained through field research. Data analysis was performed by multiple linear regression analysis. Before the data is analyzed, first the instrument test and classical assumption are tested. The research hypothesis was tested partially and simultaneously at the 5% significance level. The results showed that partially and simultaneously needs (X1), lifestyle (X2), ease to use (X3) and quality of information (X4) significantly influence purchasing decisions (Y),
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku keputusan pembelian online olah mahasiswa saat pandemi covid 19 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Populasi penelitian sebanyak 1.132 orang dan sampel 296 orang menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel secara alokasi proportional sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, survei dan angket yang diperoleh melalui field research. Analisa data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji instrumen dan uji asumsi klasik. Hipotesis penelitian diuji secara parsial dan simultan pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan (X1), gaya hidup (X2), kemudahan (X3) dan kualitas informasi (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)
References
Adnan, H. (2014). An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers. International Journal of Marketing Studies, 6(5), 133–148. https://doi.org/10.5539/ijms.v6n5p133
Alma, Bukhari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Close, A. G., & Kukar-Kinney, M. (2010). Beyond buying: Motivations behind consumers’ online shopping cart use. Journal of Business Research, 63(9), 986-992.
Gefen, D K. dan Straub, D.W. 2003. Trust and TAM in Online Shopping : An Integrated Model. MIS Quartely. 27(1) : 51 – 90.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang : Universitas Diponegoro.
Indrawan, A. F. (2020). Trafik Pengguna Media Sosial Naik 40 Persen Selama Pandemi Corona. Waktunya Merevolusi Pemberitaan. VOI.ID. Retrieved from https://voi.id/teknologi/4227/trafik-pengguna-media-sosial-naik-40-persen-selama-pandemi-corona
Iswara, Danu. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Kualitas dan Persepsi Resiko Terhadap Keptusan Pembelian : Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Principles of Marketing Edition 12. New Yersey : Pearson Education.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid1dan 2. Terjemahan: Benyamin Molan.Jakarta: PT. Indeks
Miri, S.M., Roozbeh, F., Omranirad, A., Alavian, S.M., 2020. Panic of buying toilet papers: a historical memory or a horrible truth? Systematic review of gastrointestinal manifestations of COVID-19. Hepat. Mon. 20 (3).
Putra, M. R. (2020). Arti PSBB dan 7 Kegiatan yang Dibatasi. Detiknews. detikcom. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4975108/arti-psbb-dan7-kegiatan-yang-dibatasi
Peristian, I. 2009. Pengaruh Respon Konsumen Terhadap E-Commerce : Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Yogyakarta. Skripsi. Eprints UAJY. 22
Poter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta Salemba Empat.
Nugroho, J. Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.
Sarwono, P dan Prihartono. 2012. Perdagangan Online. : Cara Bisnis Di Internet. Jakarta : PT Media Elex Komputindo.
Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen dan Implikasi Dalam Strategi Pemasaran. Jakarta : PT Prenada Media.
Severo, E. A., De Guimarães, J. C. F., & Dellarmelin, M. L. (2021). Impact of the COVID-19 pandemic on environmental awareness, sustainable consumption and social responsibility: Evidence from generations in Brazil and Portugal. Journal of Cleaner Production, 286(xxxx). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124947
Siagian, Sondang. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta : Prentice Hall
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : PT Alfabeta.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet : Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono. 2012. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset