Menilai Perilaku Konsumtif Mahasiswa Atas Pengaruh Dari Kemudahan Penggunaan Mobile Banking

  • Niswatul Jannah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta,
  • Rini Kuswati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta,
Keywords: ease of use, consumptive behavior, mobile banking, students, kemudahan penggunaan, perilaku konsumtif, pelajar

Abstract

Most consumers now prefer shopping online rather than offline. Supported by easy access to shopping services such as Shopee, Tiktok Shop and Tokopedia, the online shopping trend is growing rapidly. Regarding the ease of shopping, the researchers decided to analyze the impact of the ease of using mobile banking on consumer behavior among FEB students. The research is based on a quantitative method which was distributed via a questionnaire with a rating scale of 1-5 to 220 active students of the economics and business faculty at Muhammadiyah University of Surakarta which was then processed via SPSS v20. The results found that there was a significant influence on the role of ease of use such as easy to learn, flexible, controllable, and easy to use on the consumptive behavior of FEB students.

Author Biographies

Niswatul Jannah, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Rini Kuswati, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

References

Afifah, R. (2017). Pengaruh manfaat, kemudahan, kepercayaan dan ketersediaan fitur terhadap penggunaan mobile banking bank syariah mandiri.

Amalia, N., & Dwityanto, A. (2016). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi.

databoks.katadata.co.id. (2022). Penetrasi Internet di Indonesia Berdasarkan Umur (2022).

Desfayani, D. (2021). Hubungan Kemudahan Penggunaan M-Banking Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang Pengguna Shopee: The Correlation of Easy of Use M-Banking with Consumption Behavior in Students of State University of Padang Users of Shopee. Jurnal Psikologi Jambi, 6(1), 11–18.

Elnino, S. R., Lesawengen, L., & Lasut, J. J. (2020). Tindakan konsumtif dalam aktivitas belanja online mahasiswa di fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Hadi, S. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking.

Hapipah, R. (2022). Analisis Permasalahan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Untuk Pendidikan di Era Globalisasi. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 201–210.

Hasanah, E. U., & Danang Sunyoto, S. H. (2013). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Media Pressindo.

Kuswati, R., & Saleha, A. (2018). Antecedents of online purchasing behavior Antesenden perilaku pembelian secara daring. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 39. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.6655

Maulana, S. M., & Susilo, H. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1).

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104.

Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Bca Dalam Menggunakan Initernet Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 160.

Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi Universitas Airlangga.

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021a). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 5(1), 53–65.

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021b). Pengaruh belanja online terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, Wonosobo: UNMUH Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), 5.

Syifa, L. (2019). Pengaruh kemudahan penggunaan mobile banking terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Published
2024-07-29