Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Terhadap Penilaian Kinerja Dosen Universitas Dharma Andalas Padang

  • Melda Novita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Prima Yulianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
Keywords: Pedagogical Competence, Personality Competence, Lecturer Performance Assessment, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Penilaian Kinerja Dosen

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of pedagogical competence and personality competence on the performance appraisal of lecturers (Case Study in Management Department Students, Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University). This study uses the independent variable (X), namely Pedagogical Competence (X1), and Personality Competence (X2), and the dependent variable (Y), Lecturer Performance Assessment (Y). The population is all students majoring in management at FEB Dharma Andalas University. The sampling technique was random sampling with a total sample of 252 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results obtained from this study indicate that both parsia and simultaneous pedagogical competence variables and personality competencies have a positive and significant effect on Lecturer Performance Assessment.Keywords: pedagogical competence, personality competence, lecturer performance assessment

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi Sosial dan kompetensi Profesional  terhadap penilaian kinerja Dosen Universitas Dharma Andalas. Penelitian ini menggunakan variabel bebas (X) yaitu Kompetensi Sosial (X1), dan Kompetensi Profesional (X2), serta variabel terikat (Y) yaitu Penilaian Kinerja Dosen (Y). Populasi adalah semua mahasiswa jurusan Akuntansi FEB Universitas Dharma Andalas. Teknik pengambilan sampel secara random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 210 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan secara parsia maupun simultan variabel kompetensi Sosial dan kompetensi Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penilaian Kinerja Dosen.

Kata Kunci:  kompetensi sosial, kompetensi profesional, penilaian kinerja dosen

References

Bungin, B. 2005. Metode Penelitian Kuatuitatif. Jakarta: Penerbit Prenada Media.

Dessler, G. 2015.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Fathorrahman. 2017. ”Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen”. Jurnal Akademika; Vol 15 No 1 Februari 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program SPSS 17. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F, Black, W. C, Babin, B.J, Anderson, R. E., & Tatham, R. L. 2006, “Multivariate data Analysis”, Sixth Edition, New Jersey: Prentice Hall.

Irianto. 2015. Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dimiliki dosen terhadap hasil belajar mahasiswa STIE AMM Malang. Jurnal bisnis dan kewirausahaan, Vol 11 No. 1 Maret 2015. STIE AMM Mataram

Kuncoro, mudrajad 2013. Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, Albert. 20014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis : Teori Konsep, Dan praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta.

Manik Sudarmin, Nova Syafrina. 2018. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau”. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Panam, Pekanbaru. STIE Ilmu Ekonomi Riau.

Mattentuang, A. 2011. Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap peningkatan Proses Pembelajaran ( Studi Kasus SMA Negeri 11 Makasar). Skripsi : Fakultas Takbiah Dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Perusahaan Rosda.

Nurdianti, Raden Roro Suci, 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 18 No 2, 2017, 177-188. Universitas Siliwangi.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Andi

Romli, F, M. 2016. Pengaruh kompetensi frofesional guru terhadap kemampuan berfikir kritis siswa Sekolah Dasar( Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Jeruk Purut 1 Kecamatan Gempolo Kabupaten Pasuruan). Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2013. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: penerbit Raja Grafindo Persada.

Sudaryono, Reni Febriani, Siti Rohmah. 2019. “Pengaruh Persepsi Kompetensi Dasar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi pada prodi pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Banten Jaya)”. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, Vol 2 No. 1, Februari 2019. E-ISSN 2622-7037. P-ISSN 2623-0763. Serang, Indonesia : Universitas Banten Jaya

Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28 Ayat 3

Sugiyono. (2017). metode penelitian (pendidikan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung

Undang-Undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005

Yahya, Zamharil, Fitri Hidayati. 2014 “Analisis Kompetensi Terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 1 Januari-Juni 2014

Yulianti, P., Agus, I,. & Hastini, L.Y. 2019. Evaluasi indikator prestasi belajar mahasiswa Universitas Dharma Andalas Padang. Menara Ilmu 13(1): 116-127.

Published
2020-08-02