Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification

  • Hans Karunia H Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Nauvaliana Ashri Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Keywords: Teori Uses and Gratification, Metode Eksploratif, media, Penggunaan Media

Abstract

Jurnal ini akan membahas terkait bagaimana penggunaan teori Uses and Gratification sebagai pisau analisis dalam menganalisa kasus atau fenomena-fenomena yang terjadi dalam penggunaan medial. Terdapat lima fenomena dengan objektif yang berbeda-beda. Kacamata dalam penelitian ini ingin menggali perilaku audiens dalam menggunakan berbagai macam pilihan media. Dengan metode eksploratif, proses yang terlebih dahulu dilakukan yakni memahami konsep teori Uses and Gratification. Selanjutnya menghubungkan asumsi yang disampaikan dalam teori Uses and Gratification ke dalam fenomena yang terjadi di suatu media. Sehingga pada jurnal ini akan ditunjukkan bagaimana audiens memilih serta mengkonsumsi media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Whiting & David Williams. (2013). “Why People Use Social Media : A Uses and Gratifications Approach”

Arghya Ray, Amandeep Dhir, Pradip Kumar Bala, Puneet Kaur. “Why Do People Use Food Delivery Apps (FDA)? A Uses and Gratification Theory Perspective”

Eda Yasa Ozelturkay & Emel Kursunluoglu Yarmoglu. “How and Why Consumers Use Social Media: A Qualitative Study Based on User - Generated Media and Uses & Gratification Theory”

Panji Dwi Ashrianto dan Senja Yustitia. (2020). “The Use of Social Media in Searching for Information About Papua”

Zixiu Guo, Felix B Tan, Kenneth Cheung. (2010). “Students Uses and Gratifications For Using Computer - Mediated Communication Media In Learning Context”

Published
2021-01-31
How to Cite
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92-104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)