Analisis Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tingkat Rendah Pada Materi Geometri

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksporasi dan mendeskripsikan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pada dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini berdasarkan tingkat kemampuan matematika yaitu tinggi, sedang dan rendah. Akurasi data yang valid dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pemecahan masalah siswa pada soal faktual menunjukkan jawaban siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah memenuhi hampir seluruh indikator kecuali indikator memeriksa kembali jawaban; pemecahan masalah siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah pada soal konseptual memenuhi seluruh indikator; pemecahan masalah siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah pada soal prosedural tidak memenuhi beberapa indikator seperti pada indikator menyelesaikan soal dan indikator memeriksa kembali jawaban.
Downloads
Copyright (c) 2020 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.