Analisis Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tingkat Rendah Pada Materi Geometri

  • Faradiba Jabnabillah Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Batam, Jl. Gajah Mada Kompleks Vitka City, Tiban Ayu – Sekupang – Batam
Keywords: Pemecahan Masalah, Faktual, Fonseptual, Prosedural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksporasi dan mendeskripsikan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pada dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini berdasarkan tingkat kemampuan matematika yaitu tinggi, sedang dan rendah. Akurasi data yang valid dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pemecahan masalah siswa pada soal faktual menunjukkan jawaban siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah memenuhi hampir seluruh indikator kecuali indikator memeriksa kembali jawaban; pemecahan masalah siswa  berkemampuan tinggi, sedang dan rendah pada soal konseptual memenuhi seluruh indikator; pemecahan masalah siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah pada soal prosedural tidak memenuhi beberapa indikator seperti pada indikator menyelesaikan soal dan indikator memeriksa kembali jawaban.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-30
How to Cite
Jabnabillah, F. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tingkat Rendah Pada Materi Geometri. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 2(2), 113-125. https://doi.org/10.47233/jteksis.v2i2.123
Section
Articles