Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Bangkok-Datar Konduang Pasaman Sumatera Barat

  • Rafki Imani Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Maiyozzi Chairi Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Mediana Desfita Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Ikmal Baidlo Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
Keywords: Kerusakan Jalan, Perkerasan Lentur, PCI, SDI

Abstract

Ruas jalan Bangkok-Datar Konduang merupakan jalan berstatus provinsi yang ada di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, satu-satunya akses jalan yang digunakan oleh masyarakat yang dapat menunjang ekonomi, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Kondisi jalan pada saat ini banyak yang mengalami kerusakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi jenis, tingkat dan indeks kerusakan serta mengevaluasi solusi perbaikan. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu PCI dan SDI. Metode ini merupakan sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi. Panjang ruas 2300 m dengan lebar 3,5 m yang akan dibagi menjadi 23 segmen dengan ukuran 100 m/segmen. Hasil penelitian didapatkan jenis kerusakan Lubang, Retak Kulit Buaya, Retak Blok dan Sungkur. Nilai rata-rata PCI seluruh segmen didapat sebesar 40,1 termasuk dalam kategori kerusakan Sedang (Fair). Sedangkan nilai rata-rata SDI seluruh segmen 117,5 termasuk dalam kategori Rusak Ringan. Dari kerusakan yang terjadi didapat jenis penanganan yang tepat yaitu Rehabilitas.

 

Published
2023-09-21
How to Cite
Imani, R., Chairi, M., Desfita, M., & Baidlo, I. (2023). Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Bangkok-Datar Konduang Pasaman Sumatera Barat. JURNAL RIVET, 2(2), 112-120. https://doi.org/10.47233/rivet.v2i2.766
Section
Articles