PERSEPSI MAHASISWA TEKNIK SIPIL UPI “YPTK” PADANG YANG MENGGUNAKAN ANGKUTAN UMUM KOTA MENUJU KAMPUS

  • Nadra Arsyad Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Asri Yuda Trinanda Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Jihan Melasari Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
Keywords: Persepsi Mahasiswa, Angkutan Umum, Layanan, Kampus

Abstract

Berkembangannya teknologi dimasa sekarang ini, ternyata mendatangkan dampak positif dan negatif ditengah masyarakat. Untuk dampak negatifnya yang dapat kita lihat adalah pada angkutan umum konvensional atau angkot. Dimana kita ketahui saat ini meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor. Diamping itu saat ini juga hadir angkutan umum online yang memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan kepada penggunnya.Tujuan penelitian : 1 Untuk mengetahui bagaimana keberadaan angkutan umum kota (Angkot) yang menuju kampus, 2. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa teknik sipil, fakultas teknik universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang terhadap keberdaan angkutan umum kota, 3. Tentang persepsi mahasiswa jurusan teknik sipil, fakultas teknik universitas putra indonesia “YPTK”Padang terhadap layanan angkutan umum kota (angkot) yang melewati kampus.Metode survey pengunpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar kuisioner online kepada mahasiswa pengguna angkutan umum kota (angkot) sebanyak 85 responden. Berdasarkan hasil survei bahwa mahasiswa pengguna angkutan umum terbanyak dengan jenis kelamin perempuan sebesar 57,4%. Dari 85 responden, hanya 51,8% responden yang menggunakan angkot > dari 2 kali. Untuk keterediaan layanan angkot dengan cepat dan tepat untuk menangani permasalahan sebesar 55,3%. Keramahan sopir angkot dalam memberikan pelayanan terhadap penumpang, sebesar 70,9 % yang menyatakan “Ya”. Responden yang menyatakan tidak nyaman saat berada atau menggunakan angkutan umum sebesar 71,8%. Responden yang menyatakan tidak aman menggunakan angkot sebesar 85,9%. Kesessuaian tarif yang diberikan angkot terhadap pengguna sebesar 72,9% resopnden menyatakan “Ya”. Waktu tunggu angkot ditempat pemberhetian  respnden yang menyatakan tidak lama sebesar 61,2%.

References

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Haryoto, Edie. (2013). Transportasi Pro Rakyat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nugroho, A. R., Santoso B. E, & Susetyo, C. (2020). Preferensi Pemilihan Moda Transportasi oleh Wisatawan Domestik di Kota Surakarta. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif. 15(1), 109-118.

Pratama, G. N., Wicaksono, A., & Bowoputro, H. (2015). Kajian Karakteristik Angkutan Yang Digunakan Oleh Mahasiswa di Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya. 1(2).

Rachmatia, D., & Joewono, T. B. (2009). Persepsi Tentang Pengalaman Negatif Pengguna Angkutan Publik Perkotaan. Jurnal Transportasi. 9(2), 169–178. doi: https://doi.org/10.26593/jtrans.v9i2.357.%25p

Rahman, F. & Nurhastuti, N. (2017). Persepsi Mahasiswa terhadap Jasa Online Go-Jek. Prosiding Manajemen Komunikasi: Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba. Universitas Islam Bandung. 282–286.

Riani, D., Saloten, S., & Kumala, P. (2020). Analisis Kinerja Pelayanan Moda Transportasi Online di Wilayah Layanan Kota Palangka Raya (Studi Kasus: Taksi Online GRAB-CAR). Jurnal Teknika. 3(2). 116 – 126.

https://doi.org/10.52868/jt.v3i2.2631

Riansyah, O., Damayanti, R., Usman, B., & Putra, A. E. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 49–61. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5647

Syafira, I. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Transportasi Online (Studi Deskripstif Kuantitatif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Grab di Kalangan Mahasiswa Fisip USU). Skripsi Sarjana. Universitas Sumatera Utara.

Thahir, M. (2019). Persepsi Masyarakat Pengguna Angkutan UmumTentang Transportasi Berkelanjutan Di Kota Makasar. Disertasi. Universitas Brawijaya Malang.

Trianisari, M. S., Ekasari, A. M., & Kusuma, H. E. (2014). Preferensi Mahasiswa terhadap Penggunaan Moda Transportasi ke Kampus. Prosiding Temu Ilmiah ILPBI, 13–16.

Wulandari, S & Widyastuti, D. (2016). Persepsi Penumpang Terhadap Kenyamanan Dan Keamanan Angkutan Umum di Kota Pekanbaru (Kasus : Trans Metro Pekanbaru, Bus kota dan Angkot). Jurnal Bumi Indonesia. 5(3). 1-9.

Published
2022-07-26
How to Cite
Arsyad, N., Trinanda, A., & Melasari, J. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TEKNIK SIPIL UPI “YPTK” PADANG YANG MENGGUNAKAN ANGKUTAN UMUM KOTA MENUJU KAMPUS. JURNAL RIVET, 2(01), 32-37. https://doi.org/10.47233/rivet.v2i01.492
Section
Articles