Sosialisasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa SMP Kartika Tentang Dampak Media Sosial

Abstract
Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja, termasuk siswa SMP. Meskipun memiliki berbagai manfaat, media sosial juga membawa dampak negatif, seperti penurunan konsentrasi belajar, risiko kecanduan, dan paparan informasi yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa SMP Kartika terhadap dampak media sosial melalui kegiatan sosialisasi yang terstruktur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 100 siswa sebagai sampel. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan penyebaran materi edukasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap dampak media sosial, yang diukur melalui pre-test dan post-test. Rata-rata nilai kesadaran siswa meningkat sebesar 35%. Temuan ini menunjukkan bahwa sosialisasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa terkait penggunaan media sosial yang bijak.
References
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice Hall.
Dwi, U. (2020). Dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku siswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(2)
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik pengguna media sosial di Indonesia. Laporan Nasional.
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports
We Are Social & Hootsuite. (2024). Digital 2024: Indonesia overview report. Retrieved January 10, 2025, from https://www.website.com
Copyright (c) 2025 Elwidarifa Marwenny, Helfira Citra, Robi Syafwar, Gustafianof Gustafianof, Harniwati Harniwati, Afrineidi Afrineidi, M Ragil Harisman, Rahil Khairani, Cerelia Haudibah Hasibuan, Zaskia Ababil, Kartika Fitri Pratama, Justia Enjeli, Agil Helmi S, Azzura Leonny Indra, Nabila Mutiara Firbi, Widya Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.