Sosialisasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa SMP Kartika Tentang Dampak Media Sosial

  • Elwidarifa Marwenny Universitas Dharma Andalas
  • Helfira Citra Universitas Dharma Andalas
  • Robi Syafwar Universitas Dharma Andalas
  • Gustafianof Gustafianof Universitas Dharma Andalas
  • Harniwati Harniwati Universitas Dharma Andalas
  • Afrineidi Afrineidi Universitas Dharma Andalas
  • M Ragil Harisman Universitas Dharma Andalas
  • Rahil Khairani Universitas Dharma Andalas
  • Cerelia Haudibah Hasibuan Universitas Dharma Andalas
  • Zaskia Ababil Universitas Dharma Andalas
  • Kartika Fitri Pratama Universitas Dharma Andalas
  • Justia Enjeli Universitas Dharma Andalas
  • Agil Helmi S Universitas Dharma Andalas
  • Azzura Leonny Indra Universitas Dharma Andalas
  • Nabila Mutiara Firbi Universitas Dharma Andalas
  • Widya Ramadhani Universitas Dharma Andalas
Keywords: media sosial, kesadaran siswa, dampak negatif, sosialisasi, pendidikan.

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja, termasuk siswa SMP. Meskipun memiliki berbagai manfaat, media sosial juga membawa dampak negatif, seperti penurunan konsentrasi belajar, risiko kecanduan, dan paparan informasi yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa SMP Kartika terhadap dampak media sosial melalui kegiatan sosialisasi yang terstruktur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 100 siswa sebagai sampel. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan penyebaran materi edukasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap dampak media sosial, yang diukur melalui pre-test dan post-test. Rata-rata nilai kesadaran siswa meningkat sebesar 35%. Temuan ini menunjukkan bahwa sosialisasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa terkait penggunaan media sosial yang bijak.

References

Ayu, P. (2021). Peran media sosial dalam pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 12(1)
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice Hall.
Dwi, U. (2020). Dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku siswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(2)
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik pengguna media sosial di Indonesia. Laporan Nasional.
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports
We Are Social & Hootsuite. (2024). Digital 2024: Indonesia overview report. Retrieved January 10, 2025, from https://www.website.com
Published
2025-02-19
How to Cite
Marwenny, E., Citra, H., Syafwar, R., Gustafianof, G., Harniwati, H., Afrineidi, A., Harisman, M. R., Khairani, R., Hasibuan, C. H., Ababil, Z., Pratama, K. F., Enjeli, J., Helmi S, A., Indra, A. L., Firbi, N. M., & Ramadhani, W. (2025). Sosialisasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa SMP Kartika Tentang Dampak Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 3(2), 69-80. https://doi.org/10.47233/jpmda.v3i2.1895

Most read articles by the same author(s)