Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Helm Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Gallery Helm Jogja )

  • Aris Susanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Agus Sidiq Purnomo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: E-Commerce, Website, Simple Additive Weighting (SAW).

Abstract

Perkembangan teknologi informasi merupakan suatu keharusan dalam rangka meningkatkan pelayanan, Penggunaan teknologi informasi ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang, diantaranya bidang perdagangan. Dengan berkembangnya teknologi yang cepat membuat banyak orang menggunakan teknologi itu untuk melakukan transaksi jual beli menggunakan internet. Gallery Helm Jogja pada saat ini mempunyai permasalahan dalam hal penjualan produk, karena hanya melakukan penjualan produk secara konvensional yang belum mampu menjangkau pasar yang luas. maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberikan solusi atas permasalahan tersebut. untuk memperbaiki manajemen toko dalam hal pelayanan dan pemasaran. Penulis tertarik untuk membuatkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pihak perusahan dalam proses proses penjualan yang penulis tuangkan dalam bentuk jurnal dengan judul “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Pada Gallery Helm Jogja” dalam aplikasi ini penulis akan menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan bobot barang dari yang kualitas terbaik sampai yang kualitas yang normal dipasaran. Hasil penelitian yang akan dibuat menjadi analisis, perancangan aplikasi, dan implementasi aplikasi, diharapkan dapat membantu Gallery Helm Jogja dalam proses penjualan produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Davit, I., & Beni, F. M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Handphone Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), vol. 4, no. 1,.

Mega, E., Fernando, B. S., & Sulaeman, H. S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW. JSAI Volume 2, No. 3,.

Hadean, N. (2017), Sistem Penunjang Keputusan Pelanggan Untuk Pembelian Sepatu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Skripsi, Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Nusa Mandiri Jakarta.

Sandi, A., & Muh, H. S. A. (2019). Rancang Bangun E-Commerce Toko Furniture. Jurnal Informatika Volume 8, No. 1,.

Purnomo, A. S., & Rozi, A. F. (2018). Rekomendasi Pemilihan Mahasiswa Terbaik Menggunakan Fuzzy MADM Dengan Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi Indonesia (JSII) Vol. 3 No. 1, ISSN : ISSN: 2460 – 6839, 1-13.

Siti, C. F., Harsih, R., & Tri, H. (2020). Implementasi Framework CodeIgniter Menggunakan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Pt. Supreme Jaya . Journal Of Information System, Informatics and Computing Vol. 4 No. 1, ISSN : ISSN: 2597 – 3673, 134-140.

Muslim, H., & M, Alif. M. B. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Hotel Dengan Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Published
2022-01-06
How to Cite
Susanto, A., & Purnomo, A. S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Helm Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Gallery Helm Jogja ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 4(1), 20-34. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.346