Evaluasi Proses Manajemen Sistem Pada Usaha Percetakan Di Kota Semarang

  • Faiqi Nabil Universitas Negeri Semarang
  • Hendra Praditya Ferdiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Ahmad Taufiq Harahap Universitas Negeri Semarang
Keywords: Business Process Analysis, E-Commerce, E-Business, Printing, Maarketing

Abstract

Pencetakan adalah teknik industri untuk memproduksi teks dan gambar secara massal, terutama di atas kertas, dengan menggunakan tinta dan mesin cetak. Salah satu bisnis yang menggunakan proses pencetakan ialah perusahaan percetakan, usaha percetakan memiliki potensi pasar tinggi di Kota Semarang. Hal ini terlihat pada keuangan salah satu perusahaan percetakan di Semarang yang dinilai baik karena pendapatan tahunannya meningkat dibandingkan lima tahun sebelumnya. Di sisi lain, pendapatan percetakan turun  pada tahun 2019 dibandingkan 2018. Penurunan ini terjadi akibat kinerjanya yang buruk, serta tantangan dan keterbatasan dalam operasional bisnisnya. Oleh karena itu, perlu mengkaji ulang dengan menganalisis kekurangan pada proses bisnisnya, mengidentifikasi proses seleksinya, dan mengukur kinerja proses dengan menilai seberapa baik kemajuan pekerjaan dalam kaitannya dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa proses promosi pada perusahaan tersebut harus diperbarui dan ditingkatkan segera. Solusi untuk untuk meningkatkan kinerja proses promosi adalah dengan melakukan pemasaran online, seperti promosi dengan media sosial, e-commerce, dan mengembangkan situs web

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Percetakan,” Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Percetakan (accessed Dec. 02, 2021).

Widayanto, “Analisis Proses Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Konveksi Ryan Collection Di Kabupatan Kudus,” Univ. Diponegoro, 2017.

T. Davenport, “Process Innovation: Reengineering work through information technology,” Harvard Bus. Sch. Press. Bost., 1993.

S. Leist, “A Systematic Approach for the Improvement of Business Processes based on Techniques and Patterns,” ERCIS, 2011.

V. Kostas, “Business Process Analysis and Optimization: Beyond Reengineering,” IEEE Trans. Syst. Man, Cybern. –Part C Appl. Rev., 2007.

K. Budiman, S. Subhan and D. Efrilianda, "Business Process re-engineering to support the sustainability of the construction industry and sales commodities in large scale transaction during Covid 19 with integrating ERP and Quotation System", Scientific Journal of Informatics, vol. 8, no. 1, pp. 84-91, 2021, doi: 10.15294/sji.v8i1.27969.

O. Khoirunnisa, D. A. A. Pertiwi, E. N. Dianti, A. M. M. Fattah, and K. Budiman, “Improvement business process model and notation on the drink distribution industries using six core element”, JOSCEX, vol. 2, no. 2, pp. 99-106, Sep. 2021, doi: 10.52465/joscex.v2i2.46.

K. Budiman and I. Akhlis, "Changing user needs and motivation to visit a website through ad experience: a case study of a university website", Journal of Physics: Conference Series, vol. 1918, no. 4, p. 042008, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1918/4/042008.

A. and B. K. Gunasekaran, “Modelling and Analysis of Business Process Reengineering,” Int. j. prod. res., 2002, vol. 40, no. 11, 2521-2546, 2002.

“Proses bisnis,” Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Proses_bisnis (accessed Dec. 02, 2021).

R. Karim, “Pengertian Objek Penelitian: Jenis, Prinsip dan Cara Menentukan,” penerbitbukudeepublish.com, 2021. https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-objek-penelitian/ (accessed Dec. 02, 2021).

Syafanidawaty, “Observasi,” Univeritas Raharja, 2020. https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/ (accessed Dec. 02, 2021).

S. M. Rezkia, “Macam-Macam Metode Analisis Data: 2 Macam Metode Penting dalam Mengolah Data,” dqlab.id, 2021. https://www.dqlab.id/macam-macam-metode-analisis-data-2-macam-metode-penting-dalam-mengolah-data#:~:text=Metode analisis data merupakan bagian,menghasilkan kesimpulan dalam pengambilan keputusan (accessed Dec. 02, 2021).

“Process Identification,” Univ. Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

H. A. R. Marlon Dumas, Marcello La Rosa Jan Mendling, Fundamentals of Business Process Management, II. 2017.

E. Kurniawan and I. Irwansyah, "Analisis Strategi Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram", Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 294-307, 2021, doi: https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.247.

T. K. Abraham, “Strategic planning,” An Integr. Approach to New Food Prod. Dev., no. 1991, pp. 27–36, 2009, doi: 10.1177/1028315312464655.

U. Danny, “Materi Analisa Proses Bisnis,” [Online]. Available: http://umardanny.com/materi-analisa-proses-bisnis-ppt/.

C. Wiranata, “Penjelasan 10 Jenis Finishing Percetakan Offset dan Digital,” solusiprinting.com, 2019. Penjelasan 10 Jenis Finishing Percetakan Offset dan Digital (accessed Dec. 02, 2021).

“Pengemasan,” Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan (accessed Dec. 02, 2021).

R. Utami and S. Atmojo, “Implementasi Metode Importance-Performance Matrix Untuk Evaluasi Dan Peningkatan Pelayanan Jasa Care Cleaners,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, vol. 2, no. 3, pp. 235–242, 2017, doi: 10.22219/kinetik.v2i3.176.

M. Singadji, “Business Model Abstraction,” Univ. Pembang. Jaya, 2013.`

A. Rahmadhany and I. Irwansyah, "Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Informasi Pemasaran Produk", Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 320-326, 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.250.

Sularno, S., Astri, R., Anggraini, P., Prima Mulya, D., & Mulya, D. (2021). Geographical Information System of Bus and Travel Counter in Padang City Using BFS Method Based on Mobile Web. Scientific Journal of Informatics, 8(2), 304-313. doi:https://doi.org/10.15294/sji.v8i2.33117

Sularno, Dio Prima Mulya, Zulfahmi, & Faradika. (2021). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PELAYANAN KESEHATAN (PADANG HEALTH) DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS : PELAYANAN KESEHATAN UNTUK DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS). SAINS DAN INFORMATIKA : RESEARCH OF SCIENCE AND INFORMATIC, 7(2), 63–72. Retrieved from http://publikasi.lldikti10.id/index.php/jsi/article/view/724

Published
2022-01-06
How to Cite
Nabil, F., Ferdiansyah, H., & Harahap, A. (2022). Evaluasi Proses Manajemen Sistem Pada Usaha Percetakan Di Kota Semarang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 4(1), 47-54. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.343