Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur Dalam Variabel Penting Bagi Influencer

indonesia

  • Fadhila Hasna Athaya Universitas Indonesia
  • irwansyah irwansyah
Keywords: infuluencer marketing, Media sosial, Periklanan, Engagement

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna aplikasi ad blocker tertinggi. Ini menyebabkan pemasar harus mencari cara lain untuk menjangkau target marketnya. Influencer marketing menjadi pilihan yang populer mengingat jumlah pengguna media sosial yang tinggi serta beberapa faktor lainnya yang mendukung keberhasilan teknik ini. Penelitian ini merupakan studi literatur dari perkembangan konsep Influencer Marketing selama 3 tahun terakhir dengan fokus utama untuk memetakan apa saja variabel yang mendukung performa seorang influencer. Dalam temuannya, faktor-faktor yang sering diangkat dalam penelitian adalah expertise, trustworthiness, credibility, sponsorship disclosure, hubungan parasosial, dan congruence. Sebagai saran untuk penelitian mendatang, perlu dikaji bagaimana aturan dan etika bagi para influencer dalam melakukan promosi di platformnya untuk menjaga keamanan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-11
How to Cite
Athaya, F., & irwansyah, irwansyah. (2021). Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur Dalam Variabel Penting Bagi Influencer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 3(2), 334-349. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.254

Most read articles by the same author(s)