Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Prestige Di Kabupaten Gresik Menggunakan Metode ServQual

  • Riski Ilham Yuhansyah S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Merdeka Malang, Kota Malang, 65146, Jawa Timur
  • Devita Maulina Putri Universitas Merdeka Malang
Keywords: Prestige, Attendance, Employee, ServQual

Abstract

The Prestige application is an online attendance for Gresik Regency ASN. What is the assessment of the feasibility of the functionality of the Prestige Application, and what factors influence employees dissatisfaction with the Prestige Application. In previous research on attendance applications, only regarding the impact of the application on employee performance. This research tests the application functionality, so that it meets what is required. Researchers as instruments and data collectors provide assessments of the Prestige application, finding problems that result in a decrease in the quality of the Prestige application. The ServQual method or what is called the service quality concept is a method used to test the nature of service quality, and involves 90 questionnaire respondents. In this research, it was found that there is no forget password feature, and importantly there is a feature to display the total number of attendance points. The Reliability dimension gets the largest value, and the Empathy dimension gets the smallest value. As input, BKPSDM needs to add a forget password feature and information regarding total employee attendance points.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lubis., N. S. & Nasution., M. I. P PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN DAMPAKNYA PADA MASYARAKAT. Jurnal Multidisiplin Saintek, 1(12) 2023.

B. Abadi and R. D. Gunawan, “Journal of Data Science and Information System (DIMIS) Pengembangan Sistem Absensi Berbasis GPS Perangkat Mobile Pada Diskominfo Kota Metro,” vol. 1, no. 4, 2023, doi: 10.58602/dimis.v1i4.78.

P. P. Pamungkas, M. Danny, and A. Muhidin, “Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Studi Kasus PT. Hara Sentosa Mandiri,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 177–186, Jan. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1129.

I. L. Afwa, K. Sisilia, A. M. Hidayat, and R. Setyorini, “Analisis Fitur Kebutuhan Konsumen Dengan Metode Kano Untuk Perancangan Web Application D’Cetak,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 324–370, Apr. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i2.1216.

A. Faidlatul Habibah and I. Irwansyah, “Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 350–363, Jul. 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.255.

Rizky Asyari, M., Ramadhani, S., Sains, F., Teknologi, D., Sultan, U., Kasim, S., Soebrantas, J. H. R., & Baru, S., 2021. SISTEM INFORMASI ARSIP SURAT MENYURAT. 3, 31–2021. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.172

M. el-Khaeri Kesuma, R. Herdiyan Saputra, M. Adie Syaputra, and J. Fitra, “Design Of Information Technology (IT) Governance Using Framework Cobit 2019 Subdomain APO01 (Case Study: Instidla).”

Destriana., W. H., Yogi., S. S., Ginanjar., W. S., 2023. PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DAN TATA KELOLA PEMERINTAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT. Journal of Administration and Educational Management, 6(2).

F. Mayhuanika, A. Nur Inayah, K. Hasanah, and R. S. Dessyarti, “SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5 SIMBA Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun,” 2023.

Hudri Saidil, Ahmad Yamin, Muammar Khadafie., 2024. Efektivitas Penerapan Aplikasi Absensi Online Berbasis Android untuk Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kabupaten Sumbawa Barat). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(1).

E. W. Prastyaningtyas, A. M. Almaududi Ausat, L. F. Muhamad, M. I. Wanof, and S. Suherlan, “The Role of Information Technology in Improving Human Resources Career Development,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 266–275, Jul. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i3.870.

P. J. Kusuma, N. A. Purusa, D. Aqmala, and A. N. Chasanah, “Penerapan Articial Intelligence sebagai Stimulus Niat Beli Konsumen dalam Pemasaran Media Sosial,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 521–528, Oct. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.1057.

H. Hendy, M. I. Irawan, I. Mukhlash, and S. Setumin, “A Bibliometric Analysis of Metaheuristic Research and Its Applications,” Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 1–17, Jan. 2023, doi: 10.26594/register.v9i1.2675.

S. Safuan and D. Rahman, “PENERAPAN SISTEM ABSENSI ONLINE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PADA KANTOR PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MAJALENGKA JAWA BARAT),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 267–275, Jan. 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i1.224.

Vergiawan, Reza, “Efektivitas Penerapan Sistem Absensi Online Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gresik”, 2024.

Ramdhani, I., Sinaga, R. T., Ramadan, S., Diansyah, W., & Saifudin, A. “Pengujian Black Box pada Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web dengan Teknik Equivalence Partitions” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science. 2(6), 2023.

S. P. Ramadhani, ) Farsya, A. Saputra, F. Dwiansyah, I. Veritawati, and R. Artikel, “Pengujian Sistem Informasi Akademik (NeoSiak) Berbasis Website Menggunakan Equivalence Partitioning dan Metode Black Box INFO ARTIKEL ABSTRAK,” vol. 3, no. 1, p. 18, 2024, doi: 10.55123.

R. Panjaitan, E. Adam, and M. Hasan, “Improving Entrepreneurial Satisfaction Through Crea-tivity and Intellectual Agility-Resonance: Evidence from Indonesia,” Gadjah Mada International Journal of Business, vol. 25, no. 2, p. 2023, [Online]. Available: http://journal.ugm.ac.id/gamaijb

M. DI PENYEDIAAN LAYANAN KOMUNIKASI SEKRETARIATAN KABUPATEN GRESIK Disusun Oleh, A. Ali Wardhana El Farich, and M. Wildan Al Azizi, “LAPORAN MAGANG,” 2022.

H. Sufi, H. Purba, K. Sinaga, and F. A. Siregar, “PERANAN APLIKASI E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI KOTA MEDAN (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Medan),” Jurnal Publik Reform, vol. 9, no. 1, 2022.

S. Saputra and Hartini, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai”, Sep. 2023, https://www.researchgate.net/publication/373805932

V. N. Yefta and D. Y. Bernanda, “Perancangan Sistem Informasi menggunakan TOGAF Dan Analisis Ward & Peppard pada SMA Santo Leo,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 314–323, Apr. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i2.1171.

N. Juseprita, “STRATEGI PENGAWASAN APARATUR SIPIL NEGARA DI KABUPATEN ACEH BARAT,” International Journal of Government and Social Science, vol. 8, no. 2, pp. 2467–9029, 2023, [Online]. Available: https://www.ajnn.net/

R. Novita and W. M. Egusti, “Penerapan Metode Servqual Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Pengarsipan,” 2019.

D. Pibriana and L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning Di MTs N 2 Kota Palembang EUCS Model Usage to Analyze E-learning User Satisfaction at MTs N 2 Palembang,” 2022.

J. Surya, “INTEGRASI METODE SERVQUAL DAN SWOT DALAM MERANCANG,” 2023.

A. Suhara, F. Nur Hidayat, J. Teknik Industri, F. Teknik, and U. H. Buana Perjuangan Karawang Jl Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GYM DENGAN METODE SERVQUAL IPA DAN KAIZEN,” Jurnal Industry Xplore, vol. 9, no. 1, 2024.

Published
2024-10-01
How to Cite
Yuhansyah, R., & Putri, D. (2024). Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Prestige Di Kabupaten Gresik Menggunakan Metode ServQual. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(4), 664-673. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i4.1487
Section
Articles