Studi Komparatif Pelaksanaan Tugas Besar Perencanaan Geometrik Jalan Secara Daring Dan Luring
Abstract
Perubahan metode pembelajaran selama masa Pandemi Covid 19 menuntut banyak penyesuaian yang berpengaruh pada hasil pembelajaran. Salah satunya yaitu pelaksanaan Tugas besar Perencanaan Gometrik Jalan yang dahulunya dilaksanakan secara luring, sekarang dilaksanakan secara daring. Dalam pengerjaan tugas besar secara daring diperoleh rerata pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran dan tugas besar Perencanaan Geometrik jalan yaitu 68,78%. Sedangkan persentase tingkat pemahaman mahasiswa dalam pengerjaan tugas besar secara luring yaitu 69,46%. Terdapat perbedaan tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 0,68%. Perbedaan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan pengerjaan tugas besar Perencanaan Geometrik Jalan secara luring lebih mudah difahami dibandingkan pengerjaan secara daring.
Downloads
References
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Sadikin, Ali dkk. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 06, No. 02 (2020), Hal. 214 – 224 https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.