Dampak Pengungkapan Csr Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020

  • Riri Mayliza 1Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Nurul Maihidayah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
Keywords: sustainability report, corporate reputation, GRI G4, financial performance

Abstract

This study aims to examine the effect of sustainabily report disclosure and company reputation on financial performance. The samples of this present study were companies on the IDX using GRI G4 indicators in dis-closuring sustainability reports in 2016-2020 with the number of research samples as many as 104 companies. The study was quantitative sampling method to collect data. The secondary data were taken from annual reports from CSR and company reputations as influencing factor on financial performance by ROA. This study found that (1) CSR disclosure did not have a significant effect on financial performance and company reputation did not have a significant effect on financial performance.

References

Ardiyanto, T., & Haryanto, H. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 337–351.
Arifin, J., & Wardani, E. A. (2017). Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia Islamic corporate social responsibility disclosure , reputasi , dan kinerja keuangan : Studi pada bank syariah di Indonesia. 20(1).
Ghozi, S., & Hermansyah, H. (2018). Analisis Regresi Data Panel Profitabilitas Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia. Jurnal Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.24843/jmat.2018.v08.i01.p93
Humanitisri, N., Ghozali, I., Prof, J., & Sh, S. (2018). PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI, DAN VISIBILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI dalam HUBUNGAN ANTARA CSR dengan REPUTASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2016). Diponegoro Journal of Accounting, 7(4), 1–13.
Kartika, L. (2018). Unuversitas Brawijaya. Pengaruh Pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Dan Reputasi Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi.
Pradita, R. A. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Tipe Industri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 8(2), 185. https://doi.org/10.25105/jmat.v5i2.5074
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D.
Wicaksono, D. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Yang Dimediasi Oleh Reputasi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Winarno. (2017). Analisis Ekonomi dan Statistika Dengan Eviews. Yogyakarta: UPP STIM YPKN.
Wulandari, N., & Rahmadeni. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inflasi pada Kota Metropolitan di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Data Panel. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 3(2), 34–42.
Yusra, H. &. (2017). ANALISA EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA, PERPUTARAN ODAL KERJA,DAN RENTABILITAS EKONOMI MENGGUNAKAN REGRESI DATA PANEL. 37(12), 1648–1653.
Published
2022-07-09
How to Cite
Mayliza, R., & Maihidayah, N. (2022). Dampak Pengungkapan Csr Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(2), 364-373. https://doi.org/10.47233/jppisb.v1i2.512