Pengaruh E-Commerce, Self Efficacy Dan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha

  • Muhammad Taufiq Universitas Dharma Andalas
  • Indrayeni Indrayeni Universitas Dharma Andalas
Keywords: e-commerce, self-efficacy, akuntansi, wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti mengenai pengaruh E- Commerce, Self-Efficacy dan penggunaan sistem informasi akuntansi pada pengambilan keputusan untuk berwirausaha pada mahasiswa akuntansi. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang disebar pada mahasiswa akuntansi dilingkungan Universitas Dharma Andalas dengan jumlah sampel sebanyak 155 orang yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasakan uji statistik yang digunakan, diperoleh hasil bahwa self-efficacy dan penggunaan sistem informasi akuntansi mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk berwirausaha, sedangkan e-commerce tidak mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk berwirausaha. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi mahasiswa dalam mengambil keputusan dalam berwirausaha. Dengan demikian, mereka lebih meningkatkan kemampuan diri dan pengetahuan akuntansi agar bisa menjadi wirausaha yang sukses.

References

Aco, A., & Endang, H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1).
Anggi Pramiswari, D., & Dharmadiaksa, I. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 20(1), 261-289.
Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/29797
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial jilid 1.
Sari, D. C. K. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Ngraho. It-Edu: Jurnal Information Technology And Education, 2(01).
David E Rye,. (1996). Tools For Executives: Wirausahawan (Entrepreneur). Jakarta
George H. Bodnar, W. S. H. (2000). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Hariadi, E., & Winarno, W. W. (2015, July). Analisis Pemanfaatan E-commerce sebagai Strategi Bisnis Jual Beli Emas terhadap Kepuasan Pelanggan. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1).
Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Margareta, I. P. (2019). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy, dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Oyeku, O. M., Oduyoye, O. O., Kabouh, M., Elemo, G. N., Karimu, F. A., & Akindoju, A. F. (2014). On entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial success: A conceptual and theoretical framework. European Journal of Business and Management, 6(26), 95-102.
Robert, H. D., Peters, M. P., & Dean, S. A. (2005). Entreprenuership.Edisi keenam. Boston: McGraw Hill.
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2014). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Saiman, L. (2015). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Seprina, I., Suroyo, H., & Komalasari, D. (2018). Pengaruh Efektivitas Penggunaan E-Commerce pada Peningkatan Motivasi Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya Palembang. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 8(2), 90-96.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat kewirausahaan (entrepreneurial intention). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 13(2), 124-134.
Utomo, B. B., & Asriati, N. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Keluarga Dan Di Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Mediasi Self-Efficacy Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4).
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64 - 69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6
Zimmerer. (2002). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition.New York: Prentice-Hall.
Zutiasari, I. (2015). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan keluarga dan sekolah terhadap niat berwirausaha melalui self efficacy (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kediri) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Published
2022-01-25