Komunikasi Word Of Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Dan Kepuasan Mahasiswa Kuliah Di Universitas Dharma Andalas (Unidha) Padang

  • Haryeni Haryeni Universitas Dharma Andalas
  • Aulia Mawaddah Universitas Dharma Andalas
Keywords: Komunikasi Word Of Mouth, Keputusan dan Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Komunikasi Word Of Mouth terhadap Kepuasan Mahasiswa, (2) Pengaruh Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mahasiswa kuliah Di Unidha, (3) Pengaruh Keputusan Mahasiswa terhadap Kepuasan Mahasiswa kuliah Di Unidha, (4) Pengaruh Komunikasi Word Of Mouth terhadap Keputusan Mahasiswa Melalui Kepuasan Mahasiswa kuliah di Unidha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Angkatan 2019 dan 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Random Sampling. Metode analisa data menggunakan partial least square (PLS).

 Hasil pengujian menunjukkan bahwa Komunikasi Wom berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa, Komunikasi Wom berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Keputusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa, serta Komunikasi Wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa Melalui Kepuasan Mahasiswa.

References

A. Anwar Prabu Mangkunegara, 1998, Perilaku Konsumen, Eresco: Bandung
Abdillah, Willy dan Jogiyanto Hartono. (2014). Partial Least Square ( PLS). Yogyakarta : Andi.
Administrasi Bisnis.
Aheame Michael, Douglas E. Hughes. Niels Schillewaert. 2007. "Why sales reps
and Strategy. Penerbit AndiSamuel,
Ardhaningrat, I dan Suryani A. 2012. Skripsi: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | | Vol. 22 No. 1 Mei 2015 | administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id 7 Keputusan Pembelian Kebaya Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Bali: Universitas Udayana
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bowo, Koko Arie. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Notebook Merek Acer. Jurnal Gaussian Vol 2, Nomor 1, hal 29-38.
C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Yogyakarta. Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Gross JM, Fetto J, Rosen E. 2002. Musculoskeletal Examination. USA: Blackwell Science,Inc
Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo
Hatane dan Foedjiawati. 2005. “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek (StudiKasusRestoranThePrimeSteak&RibsSurabaya)”Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 7 tahun 2003. Surabaya: UKP Surabaya.
Hidayati, Hosianna Ayu, et al. (2013). Faktor-faktor yang Membentuk Komunikasi Word of Mouth dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Ketan Legenda Batu). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, 6(1), 1-8.
Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat
Jamaluddin Sawaji.dkk. 2008. An Analysis of Student’s Decision Making to Choose Private Universities in South Sulawes. Thesis. Pascasarjana. Universitas Hasanuddin.
Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. Kevin Lane Keller, (2008). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Molinari, K. Lori, Russel Abralt, dan Paul Dion. 2008. “Satisfaction, quality, and value and effects on repurchase and positive WOM behavioural intension in a B2B context”. Journal of services Marketing. Pensylvania, USA. Vol 22/5 p:363-373.
Oliver. R. L. 1980. A Cognitive Model Of The Atecedents And Consequences Of Satisfaction Decisions. Journal Of Marketing Research. Vol. XVII (November), pp.460-469.
Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi
Philip Kotler, 2005, ManajemenPemasaran, Jilid I dan II, PT. Indeks, Jakarta
Rahmadevita, D.L. 2011. Pengaruh Reputasi Merek dan Komunitas Pelanggan terhadap Nilai Pelanggan, Word Of Mouth serta Keputusan Pembelian. Jurnal Profit. Volume 7 No. 1.
Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.
Sangadji, E, M. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Santoso,Tandi.2008.Word of Mouth, Liberty, Yogyakarta should welcome information technology: Measuring the impact of CRM-based IT on sales effectiveness". Intern. J. of Research in Marketing 24 336-349
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Ainur. 2010. “Pengaruh Brand Imageterhadap Keputusan Pembelian.Jurnal
Westbrook dan Reilly. 1983. Dalam Tjiptono, Fandy (2005). Brand Management
Published
2022-01-31