Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Market Place

  • Rya Yulia Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
  • Yesi Elsandra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
Keywords: Trust,, Ease, Security, Lifestyle, Purchasing Decisions

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Kota Padang dalam memilih keputusan pembelian secara online. Pemilihan sampel digunakan dengan metode purposive sampling method, yaitu memilih sampel dengan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki oleh peneliti, dimana berdasarkan metode pemilihan sampel tersebut diperoleh 138 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sebelum data diolah, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat heteroskedastisidas dan multikoliniearitas. Penelitian ini menggunakan variable kepercayaan, kemudahan, keamanan dan gaya hidup sebagi variabel independen, dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan, keamanan dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian secara simultan menunjukan hasil bahwa kepercayaan, kemudahan, keamanan dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian

References

Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Penerbit Andi. Yogyakarta.

Adnan, M.A., Barbara, G., dan Ratri, C. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Growth, dan Free Cash Flow Terhadap Dividend Payout Ratio Perusahaan dengan mempertimbangkanCorporate Governance sebagai Variabel Intervening. JAAI. Vol. 18. No. 2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Andrianto, Hendra Noky dan Idris. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang”. Diponegoro Journal Of Management. Vol 2, No 3, hlm 1-10.

Andromeda, Kevin. 2015. “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keragaman Produk Pakaian Via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi kasus pada mahasiswa belanja online pada FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta)”. Program Skripsi Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Ardyanto, D. 2015. Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembelian online (Survei Pada Konsumen www. petersaysdenim. com). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Batra, R., & Keller, K. L. 2016. Integrating marketing communications: New findings, new lessons, and new ideas. Journal of Marketing, 80(6), 122-145.

Belanger, France et al. 2002. Trustworthiness in Electronic Commerce: The Role of Privacy, Security, and Site Attributes.JournalofStrategic Information Systems 11.(Online), USA.

C. Laudon, Kenneth & P. Laudon, Jane. 2005.Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital.Edisi 8.Andi Offset. Yogyakarta.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Chiu, C. M., Lin, H. Y., Sun, S. Y., & Hsu, M. H. (2009). Understanding customers' loyalty intentions towards online shopping: an integration of technology acceptance model and fairness theory. Behaviour & Information Technology, 28(4), 347-360.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Davis, Gordon B. 2013. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom.

Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Gujarati, D.N. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C., Salemba Empat, buku 2, Edisi 5, Jakarta.

Harahap, N., Harmain, H., Siregar, S., & Maharani, N. 2017. Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR), Umur Perusahaan Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2010-2014. KITABAH: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah, 1(1).

Josang, A., & Haller, J. 2007. Dirichlet reputation systems. In The Second International Conference on Availability, Reliability and Security (ARES'07) (pp. 112-119). IEEE.

Kalakota dan Whinston. 1996. Frontiers Of Electronic Commerce. Addison-Wesley Publilshing Company, Inc, Massachusetts.

Kaňuk, J., Hofierka, J., & Gallay, M. 2013. Using virtual 3-D city models in temporal analysis of urban transformations. In Geoinformatics for City Transformations, Symposium GIS Ostrava 2013.

Kanuk, Michal. 2015. Keputusan pembelian..(Alih Bahasa Rio, Yulihar, dan Reni). Francis.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Majorek, K. A., Porebski, P. J., Dayal, A., Zimmerman, M. D., Jablonska, K., Stewart, A. J., ... & Minor, W. (2012). Structural and immunologic characterization of bovine, horse, and rabbit serum albumins. Molecular immunology, 52(3-4), 174-182.

Marliza. 2012. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Melukis dengan Kuas Taman Kanak-Kanak Pasoman Barat: Jurnal Pesona PAUD, 1(1), hlm. 1-12).

Musay, Fransisca Paramitasari. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Putra, H. T. P., Nugroho, H., Aribowo, Y., & Irawan, D. 2013. Studi Stratigrafi Dan Paleogeografi Endapan Kenozoikum Cekungan Sengkang Pada Daerah Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Geological Engineering E-Journal, 5(1), 139-151.

Raman, Arasu., dan Viswanathan, A. 2011. Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on: Wireless Information Networks & Business Information System, hal. 54-60.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS (Edisi Pertama). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sebayang, A. H., Masjuki, H. H., Ong, H. C., Dharma, S., Silitonga, A. S., Kusumo, F., & Milano, J. 2017. Optimization of bioethanol production from sorghum grains using artificial neural networks integrated with ant colony. Industrial crops and products, 97, 146-155.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. 2013. Pengantar Sosiologi Politik. Kencana.

Siagian, H., & Cahyono, E. 2014. Analisis website quality, trust dan loyalty pelanggan online shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55-61.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran.

Swastha, B., & Handoko, H. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen Edisi Pertama Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE--Yogyakarta.

Larno, S., Razi, M., & Anggraini, P. (2019). IMPLEMENTASI WEBSITE PROMOSI DAN PENJUALAN PADA ASOSIASI PEDAGANG SEPATU DAN TAS KOTA PADANG. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 1(1), 38-46. https://doi.org/10.47233/jteksis.v1i1.5

Published
2022-01-25