Strategi Produser Dalam Memproduksi Program Televisi Studi Kasus : Proses Produksi Program Acara Ayo Hidup Sehat Di Tvone

  • Defhany Defhany Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Dharma Andalas, Padang
  • Annita Zarfinal Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Dharma Andalas, Padang
Keywords: Strategi Kreatif Produser, produksi program acara

Abstract

Penelitian ini menjabarkan tentang bagaimana upaya seorang Produser dalam menentukan tema pada episode program acara Ayo Hidup Sehat yang ditayangkan setiap minggunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif dan hambatan yang dihadapi Produser dalam memproduksi program acara Ayo Hidup Sehat di tvOne. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu dengan menggambarkan studi kasus tentang Strategi Kreatif Produser dalam Memproduksi Program Televisi (Studi kasus: Proses Produksi Program Acara Ayo Hidup Sehat di tvOne). Lokasi penelitian ini adalah PT. Lativi Mediakarya tvOne yang bertempat di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jl.Rawaterate II No.2, Cakung, Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, Informan dibagi menjadi 2, yaitu Informan pelaku adalah Produser konten dan narasumber pengamat adalah reporter. Penelitian ini dilakukan karena minimnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat dan kurangnya tayangan televisi yang mengandung unsur edukasi. Sehingga, program acara Ayo Hidup Sehat di tvOne merupakan salah satu solusi untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat. Program ini membahas seputar dunia kesehatan serta isu-isu yang beredar di masyarakat. Pada penelitian ini terlihat strategi kreatif Produser yang saling berkaitan pada setiap proses produksinya, mulai dari pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Ketiga proses produksi tersebut saling berkesinambungan untuk mencapai sebuah tujuan penting, yaitu rating.

Published
2022-01-10