Pengaruh Return On Equity (Roe), Debt On Equity Ratio (Der) Dan Net Profit Margin (Npm) Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2020)

  • Ingra Sovita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
  • Meizi Lidia Rosa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
Keywords: Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin, Return Saham

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh  Return On Equity (ROE), Debt On Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2020). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2020. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian dengan periode waktu 5 tahun. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 80 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website masing-masing perusahaan dan www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa return on equity berpengaruh signifikan terhadap return saham, debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap return saham, dan net profit margin berpengaruh signifikan terhadap returnsaham.

Published
2022-01-10
How to Cite
Sovita, I., & Lidia Rosa, M. (2022). Pengaruh Return On Equity (Roe), Debt On Equity Ratio (Der) Dan Net Profit Margin (Npm) Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2020). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(1), 27-45. https://doi.org/10.47233/jppisb.v1i1.371