Mengukur Behavioral Intention Wisatawan Di Era New Normal Pandemi Covid-19 Di Kota Padang Berbasis Experience Economy Dan Emotion

  • Yofina Mulyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
  • Amelia Ardiyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
  • Yulisran B. Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No. 103A. Simpang Haru
Keywords: Behavioral Intention, Experience Economy, Emotion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur behavioral intention wisatawan di era new normal pandemi covid-19 di Kota Padang berbasis experience economy dan emotion. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang datang berkunjung ke destinasi wisata kota Padang pada era new normal pandemi Covid-19 yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang wisatawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang dipergunakan adalah Partial Least Square (PLS).

Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut (1) Experience economy berpengaruh positif signifikan terhadap emotion wisatawan di era new normal pandemi covid-19 di Kota Padang, (2) Experience economy berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention wisatawan di era new normal pandemi covid-19 di Kota Padang, (3) Emotion berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention wisatawan di era new normal pandemi covid-19 di Kota Padang dan (4) Experience economy berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention wisatawan di era new normal pandemi covid-19 di Kota Padang melalui emotion

References

Ali, H. (2016). Bagi Wisatawan, Pengalaman Adalah Kunci. Https://Hasanuddinali.Com/2016/11/28/Bagi-Wisatawan-Pengalaman-Adalah-Kunci/.

Canny, I. U. (2014). Measuring the Mediating Role of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction and Its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant in Jakarta. International Journal of Innovation, Management and Technology, 5(1), 25–29. https://doi.org/10.7763/ijimt.2014.v5.480

Christianto, A. K. D. (2013a). Aplikasi Dimensi Experience Economy (Education, Esthetics, Entertainment, Escapism) Dalam Industri Restoran : Studi Kasus Pada Restoran Comedy Kopi Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Program Manajemen Perhotelan UK Petra.

Christianto, A. K. D. (2013b). Aplikasi Dimensi Experience Economy (Education, Esthetics, Entertainment, Escapism) Dalam Industri Restoran : Studi Kasus Pada Restoran Comedy Kopi Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(1), 1–10.

Ikhwan. (2020). Pandemi Corona, Transaksi Hotel dan Restoran di Padang Berkurang hingga Rp174 Miliar. Https://Www.Merdeka.Com/Peristiwa/Pandemi-Corona-Transaksi-Hotel-Dan-Restoran-Di-Padang-Berkurang-Hingga-Rp174-Miliar.Html.

Lin, J. C., & Liang, H. (2011). The influence of service environments on customer emotion and service outcomes. Managing Service Quality: An International Journal, 21(4), 350–372. https://doi.org/10.1108/09604521111146243

Loureiro, S. M. C. (2014). The role of the rural tourism experience economy in place attachment and behavioral intentions. International Journal of Hospitality Management, 40, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2014.02.010

Manthiou, A., Lee, S., & Tang, L. (Rebecca). (2011). Measuring the Experience Economy and the Visitors Behavioral Consequences: An Empirical Study on Veishea Event. 16th Graduate Students Research Conference, 1–10. Retrieved from http://scholarworks.umass.edu/gradconf_hospitality/2011/Presentation/107/

Mehmetoglu, M., & Engen, M. (2011). Pine and Gilmore’s Concept of Experience Economy and Its Dimensions: An Empirical Examination in Tourism. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 12(4), 237–255. https://doi.org/10.1080/1528008X.2011.541847

Mulyati, Y., & Fernanda, D. (2019). Measuring Experience Economy and Visitor Behavior: Empirical Study of Sawahlunto City Tourism Destinations. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 215–228. https://doi.org/10.30871/jaemb.v7i2.1633

Padangkita.com. (2020). Masa New Normal, Kunjungan Wisatawan ke Padang Mulai Meningkat. Https://Padangkita.Com/Masa-New-Normal-Kunjungan-Wisatawan-Ke-Padang-Mulai-Meningkat/.

Radder, L., & Han, X. (2015). An examination of the museum experience based on Pine and Gilmore’s experience economy realms. Journal of Applied Business Research, 31(2), 455–470. https://doi.org/10.19030/jabr.v31i2.9129

Rahma, F. N., & Handayani, H. R. (2013). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata Dan Pendapatan Perkapita Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kudus. Diponegoro Journal of Economics, 2(2), 1–9. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/19638-ID-pengaruh-jumlah-kunjungan-wisatawan-jumlah-obyek-wisata-dan-pendapatan-perkapita.pdf

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantatitif (Menggunakan Prosedur SPSS) Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shen, H., Fan, S., Zhan, J., & Zhao, J. (2014). A Study of the Perceived Value and Behavioral Intentions of Chinese Marine Cruise Tourists. Tourism, Leisure and Global Change, 96–117.

Siwi, B. R. (2018). Analisis Pengaruh Customer Emotion Terhadap Behavioral Intentions Dengan Mediasi Service Satisfaction Pada Jasa Umrah Arminareka Perdana Di Karanganyar. Skripsi. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Spears, N., & Singh, S. N. (2004). Measuring Attitude Toward the Brand and Purchase Intentions. Journal of Current Issues and Research in Advertising, 53–66. https://doi.org/10.1080/10641734.2004.10505164

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tsaur, S. H., Chiu, Y. T., & Wang, C. H. (2006). The visitors behavioral consequences of experiential marketing: An empirical study on Taipei Zoo. Journal of Travel and Tourism Marketing, 21(1), 47–64. https://doi.org/10.1300/J073v21n01_04

Verinita. (2016). Pengukuran Memorable Tourism Experience Scale (MTES) Dengan Pendekatan Kim Ritchie Mccormick Untuk Meningkatkan Intensi Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Rantih Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional ASBIS, Politeknik Negeri Banjarmasin, 429–450.

Waldi, N. (2019). Pengaruh Experience Economy Terhadap Memory Serta Dampaknya Pada Behavioral Intentions Wisatawan Pada Destinasi Wisata Kota Sawahlunto. Skripsi.Program Studi Strata 1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas Padang.

Yang, J., Gu, Y., & Cen, J. (2011). Festival tourists’ emotion, perceived value, and behavioral intentions: A test of the moderating effect of festivalscape. Journal of Convention and Event Tourism, 12(1), 25–44. https://doi.org/10.1080/15470148.2010.551292

Larno, S., Razi, M., & Anggraini, P. (2019). IMPLEMENTASI WEBSITE PROMOSI DAN PENJUALAN PADA ASOSIASI PEDAGANG SEPATU DAN TAS KOTA PADANG. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 1(1), 38-46. https://doi.org/10.47233/jteksis.v1i1.5

Published
2022-01-10
How to Cite
Mulyati, Y., Ardiyani, A., & B. Putra, Y. (2022). Mengukur Behavioral Intention Wisatawan Di Era New Normal Pandemi Covid-19 Di Kota Padang Berbasis Experience Economy Dan Emotion. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(1), 12-26. https://doi.org/10.47233/jppisb.v1i1.370