Pemanfaatan Internet Secara Efektif Sebagai Media Pembelajaran Di Panti Asuhan Putra Darul Ma’arif Al Karimiyah Padang

  • Erdisna Erdisna Universitas Negeri Padang
  • Sri Restu Ningsih Universitas Metamedia
  • Febriyanno Suryana Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Deval Gusrion Universitas Putra Indonesia YPTK
Keywords: Pelatihan, Pendidikan dan internet

Abstract

Peningkatan pengetahuan dan informasi teknologi dalam masyarakat menuntut perubahan dalam proses pembelajaran, terutama di bidang pendidikan. Meskipun teknologi informasi telah berkembang pesat, metode pembelajaran konvensional masih dominan. Akses teknologi, terutama internet, telah membuka peluang baru dalam pendidikan, memungkinkan pembelajaran daring yang fleksibel. Pendidikan saat ini tidak terlepas dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), namun tidak semua anak memiliki akses yang sama terhadap pendidikan. Panti asuhan menjadi salah satu alternatif bagi anak-anak yang membutuhkan pengasuhan di luar keluarga

Kegiatan pelatihan pemanfaatan internet secara efektif di Panti Asuhan Putra Darul Ma’arif Al Karimiyah Padang dilakukan melalui dua sesi. Sesi pertama berfokus pada penjelasan tentang cara memanfaatkan internet dalam pembelajaran daring, sementara sesi kedua melibatkan tanya jawab dan kuis untuk memastikan pemahaman materi. Tim PKM turun langsung ke lapangan untuk memberikan pelatihan, namun beberapa kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan jaringan internet menyulitkan pelaksanaan kegiatan. Meskipun demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa Panti Asuhan tentang penggunaan internet dalam pembelajaran

References

[1] S. R. Ningsih, Z. M. Effendi, and N. Syah, “Implementation of Cooperative Learning Model on E-Assignment Responsiveness at Higher Education,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 14, no. 18, pp. 209–219, 2019.
[2] Harsono, “Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi,” J. Pendidik. Kedokt. dan Profesi Kesehat. Indones., vol. 3, no. 1, pp. 4–8, 2008.
[3] S. R. Ningsih and I. Safii, “Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pendidikan Agama,”J. Iptek Terapan, LLDIKTI Wilayah X, vol. 3, pp. 268–277, 2018.
[4] S. Khoirunnisa, R. Resnawaty, “13 Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak,”Prosiding Riset dan PKM, vol 2 no 1, pp. 69–73, 2011.
[5] A. Anugrahana, “Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Scholaria J. Pendidikan dan Kebudayaan, vol 10 no. 3, pp. 282–289, 2020.
[6] S. Utaminingsih, D. Sumanto, A. Haryanti, E. Prastini, and U. Pamulang, “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pademi Covid-19 Di Smp Islam Nurulhidayah Komplek Perumahan Renijaya Utama, Podok Petir, Bojongsari, Depok", Abdi Laksana J. PKM, vol. 2 no. 1, pp. 7–14, 2020.
[7] RN. Yuliasari, "Peran Pengelola Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh (Studi Empiris Panti Asuhan)" Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, vol. 4, no. 2, pp. 93–98, 2015.
[8] F. Hadi, A. Syafi, and Y. Isgandi, “Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru - Guru SD Al Islam Morowudi , Gresik,” To Maega, vol. 3, no. 2, pp. 142–149, 2020.
[9] E. S. Rosali, “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya,” Geography Science Education Journal (GEOSEE), vol. 1 no. 1, pp. 21–30, 2020.
[10] A. Nasrullah, M. Marlina, and W. Dwiyanti, “Development of Student Worksheet-Based College E-Learning Through Edmodo to Maximize the Results of Learning and Motivation in Economic Mathematics Learning,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) vol. 13, no. 12, pp. 211–229.
[11] D. Korte, N. Reitz, and S. J. Schmidt, “Implementing Student-Centered Learning Practices in a Large Enrollment, Introductory Food Science and Human Nutrition Course,” J. Food Sci. Educ., vol. 15, no. 1, pp. 23–33, 2016.
Published
2024-05-18
How to Cite
Erdisna, E., Ningsih, S. R., Suryana, F., & Gusrion, D. (2024). Pemanfaatan Internet Secara Efektif Sebagai Media Pembelajaran Di Panti Asuhan Putra Darul Ma’arif Al Karimiyah Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.47233/jpmda.v3i1.1398