Penggunaan Aplikasi Zahir Accounting Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa SMK Negeri 3 Kota Padang
Abstract
Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa akan aplikasi akuntansi yang bisa digunakan sehingga siswa mengenal aplikasi Zahir accounting dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan. Zahir accounting merupakan software buatan Indonesia yang saat ini banyak digunakan oleh UMKM dan perusahaan di Indonesia karena memiliki banyak kelebihan, diantaranya mudah dipahami dan memiliki banyak fitur selain itu sudah disesuaikan dengan standar akuntansi di Indonesia. Selain dapat digunakan dengan desktop zahir juga dapat digunakan dengan berbasis cloud dan bisa mengakses zahir online melalui website dengan mudah dari mana saja dan kapan saja menggunakan komputer, laptop, bahkan ponsel. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah Siswa SMK Negeri 3 Padang dengan program keahlian Akuntansi dan Lembaga sebanyak 60 orang siswa. Pelatihan dilakukan secara tutorial dan diakhiri dengan praktek kasus.
References
Hariyani R, Prasetio T. Pemanfaatan perangkat lunak akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan bagi siswa SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Yumary J Pengabdi Kpd Masy.2021;1(3):107-115.doi:10.35912/yumary.v2i1.64
Hutauruk, Martinus Robert. (2017). Akuntansi Perusahaan Jasa Aplikasi Program Zahir Accounting Versi 6. Jakarta Barat: Indeks.
Soudani, Siamak N. 2012, “The Usefulness of an Accounting Information System for Effective Organizational Performance”, International Journal of Economics and Finance, Vol. 4, No. 5; May, Hal: 136-145
www.zahirzccounting.com/id/zahir-training-centers.Publishedonline2018:162. www. Zahir zccounting.com /id/zahir-training-centers
Copyright (c) 2024 Fitria Rahmi, Dina Anggraini, Fitrah Mulyani, Reni Dahar, Dewi Sartika, Yunita Valentina K
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.