Pelatihan Dan Penyuluhan Pengelolaan Sdm Di Era Digital Pada UMKM Tunas Muda

  • Yusnaena Yusnaena Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
  • Haryeni Haryeni Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
  • Dedi Julianto Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
  • Trisukma Trisukma Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
  • Igra Sovita Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
  • Iqbal Fauzi Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
  • Lailatul Fitri Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas
Keywords: Pelatihan dan Penyuluhan, Pengelolaan SDM di Era digital

Abstract

Salah satu cara untuk menjaga kualitas SDM adalah dengan melakukan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di era digital pada saat ini.karena pada era digital ini SDM harus memiliki kemampuan Internet of things yaitu menggunakan teknologi,menggunakan perangkat-perangkat tersebut untukt saling berkomunikasi dan bertukar data. Sehingga dapat memberikan solusi yang lebih efisien dalam berbagai bidang, Data analytics adalah proses mengeksplorasi, menganalisis, dan mengolah data untuk mencari pola-pola dan menemukan informasi yang berguna dalam bisnis, Skill dalan project management berkaitan kemampuan untuk mengelola UMKM secara efektif dan efisien. Ini termasuk mengelola sumber daya, mengelola waktu, mengelola biaya, dan mengelola risiko. Selain itu, skill dalam project management juga merupakan kemampuan untuk bekerja sama dengan tim dan mengelola komunikasi dengan pihak yang terkait dengan UMKM.Memiliki kemampuan project management yang baik sangat penting untuk mencapai tujuan proyek secara tepat waktu dan dalam budget yang telah ditentukan yang bisa dilkukan melalui Penyuluhan dan Pelatihan

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dilapangan dengan Ketua kelompok mengisyaratkan bahwa UMKM Tunas Muda sebagai Mitra ini terlihat kurang berkembang terbukti dengan pemasaran produk masih terbatas sehingga sangat minimnya pendapatan, serta menurunnya produktivitas ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan anggota dalam menggunakan teknologi dalam mendapatkan ilmu untuk mengelola usahanya sehingga, pengelolaan UMKM mereka lakukan sesuai dengan kemampuan dasar yang dimiliki saja, pernyataan ini diperkuat oleh anggota yang mengatakan bahwa mereka jarang sekali diberikan pelatihan-pelatihan disebabkan karena membutuhkan biaya yang banyak, sepengetahuan mereka hanya melalui kegiatan tatap muka saja mereka bisa mendapatkan ilmu padahal dengan menggunakan media digital dan kemampuan mereka menggunakannya mereka juga bisa mendapatkan ilmu yang mereka butuhkan. Sehubungan dengan ini kami tim pengabdian dari Universitas Dharma Andalas Padang merasa terpanggil untuk membenahi kondisi ini, dan kami berencana akan mengadakan kegiatan pelatihan dan penyuluhan yakni memberikan pelatihan dan penyuluhan dengan topik meningkatkan kualitas SDM dalam era digital diharapkan bisa berbagi ilmu untuk menambah kemampuan anggota dalam mengelola UMKM ini.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan anggota dalam mengelola UMKM diera digital ini .Target luaran yang ingin dicapai adalah target wajib berupa publikasi dijurnal Nasional yang ber ISSN, Modul untuk peserta, Kegiatan ini tersaji dalam milestone pengabdian dengan tahapan tahapan yg jelas dalam peningkatan kemampuan anggota .

References

Ambar, Teguh dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bernardin, H. John, Human Resource Management: Experiential Approach, Irwin Mc.Graw-Hill, 2000
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Hadiyati, Ernani. 2009. Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11 (2): 183-192. Hubeis.
Noe, A. Raymond; Hollenbeck, R. John; Gehart, Barry; Wright, M. Patrick,
Human Resource Management, Irwin McGraw-Hill, Third Edition, 2000. Mondy, Human Resource Management, 10th Edition, Prentice Hall, 2008.
Musa. 2009. Prospek Usaha Kecil dalam wadah Inkubator Bisnis, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sondang P. S. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Reni Akbar-Hawadi. (2011). Akselerasi; A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.
Sardiman A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Pengertian Ilmu Ekonomi .www.bersosial.com tanggal akses : 21 maret 2015
https://www.bersosial.com/threads/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para- ahli.12150/
https://www.talenta.co/blog/pengembangan-sdm-di-era-serba-digital/
Published
2024-01-13
How to Cite
Yusnaena, Y., Haryeni, H., Julianto, D., Trisukma, T., Sovita, I., Fauzi, I., & Fitri, L. (2024). Pelatihan Dan Penyuluhan Pengelolaan Sdm Di Era Digital Pada UMKM Tunas Muda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(2), 117-124. https://doi.org/10.47233/jpmda.v2i2.1239