Pelatihan Peningkatan Kemampuan Produksi, Pemasaran Dan Manajemen Usaha Dalam Membangun Potensi Nagari Lawang
Abstract
Lawang merupakan salah satu nagari yang terdapat di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat. Nagari Lawang memiliki UMKM dengan jenis usaha yang beragam. Selain dikenal sebagai daerah penghasil tebu dan gula merah, nagari ini juga menghasilkan berbagai produk lainnya seperti kacang goreng/kacang barandang, kerupuk ubi saka, minuman air tebu, nasi tangguli, kapelo bauok, tumbang, souvenir dan kerajinan anyaman. Meskipun usaha ini merupakan usaha turun temurun, namun banyak diantaranya yang sulit berkembang. Berbagai permasalahan sering dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha, diantaranya manajemen usaha dan pengelolaan SDM yang belum baik, jangkauan pemasaran yang masih terbatas dan belum memiliki branding serta packaging untuk produknya, pemasaran masih secara konvensional. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta keterampilan pelaku UMKM dibidang produksi, manajemen usaha, SDM dan pemasaran. Metode kegiatan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah, praktek dan diskusi. Peserta pelatihan adalah pelaku UMKM di Nagari Lawang. Sebelum pelatihan dilakukan pre test untuk mengetahui kemampuan peserta dan setelah pelatihan dilakukan post test untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menyerap materi yang disampaikan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 85% dari peserta paham terhadap materi pelatihan, mereka mengerti bagaimana mengelola usaha dan sumber daya manusia yang baik, memahami pentingnya merek dan kemasan bagi produknya, serta manfaat pemasaran digital. 10% dari peserta pelatihan berhasil membuat akun di Google business dari smartphone mereka masing-masing. Dari kegiatan ini diharapkan keberlanjutannya sehingga kedepannya keberadaan UMKM ini dapat meningkatkan potensi Nagari Lawang secara keseluruhan
References
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/manage/article/view/3981
Eddy Yulianto, Yudiananda,Supriono (2022), Digital Marketing Desa Wisata, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish, Toko Buku Online
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edi). New York: Pearson Education Limited.
Luthfi Zamakhsyari, Alfato Yusnar Kharismasyah, Ilham Nuryana Fatchan, (2023), Strategi Digital Marketing dan Peningkatan Branding Bagi UMKM Desa Melung Kecamatan Kedungbanten, (JTEB). Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Ponorogo,Vol.3 No.1, https://journal.umpo.ac.id/index.php/JTEB/index
Maryam, Isnaeni , Susi Widjajani, (2023), Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo, (JTEB). Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Ponorogo,Vol.3 No.1,
https://journal.umpo.ac.id/index.php/JTEB/article/view/6757
Pranoto , Jasmani , I Nyoman Marayasa (2019), Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur – Tangerang, Jurnal Dharma Laksana, Vol 1 No 2,
http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/2425/0
Sujono, (2017), Mengembangkan Potensi Masyarakat di Desa dan Kelurahan, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. Toko Buku Online.
Syarief, Faroman (2020), Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM), Yayasan Barcode, Divisi Publikasi dan Penelitian Makassar.
https://sumbarprov.go.id/home/news/19161-manggilang-tabu-pengolahan-tebu-secaratradisional-di-nagari-lawang, 27 Juli 2020
https://www.liputan6.com/regional/read/4211575/pagi-yang-manis-bersama-para-pengolah-tebudi-lawang, 27 Maret 2020
https://disparpora.agamkab.go.id/berita/yok-berwisata-ke-nagari-lawang--minum-air-tebusekaligus-melihat-pengilangan-tebu-tradisional1595929854.html, 28 Juli 2020
Copyright (c) 2024 Yofina Mulyati, Yusnaena Yusnaena, Yesi Elsandra, Idwar Idwar, Mellyna Eka Yan Fitri, Alvin Alvian, Dedi Julianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.