Pelatihan Peningkatan Kemampuan Produksi, Pemasaran Dan Manajemen Usaha Dalam Membangun Potensi Nagari Lawang

  • Yofina Mulyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Yusnaena Yusnaena Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Yesi Elsandra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Idwar Idwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Mellyna Eka Yan Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Alvin Alvian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Dedi Julianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
Keywords: Manajemen Usaha, Pengelolaan SDM, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Lawang merupakan salah satu nagari yang terdapat di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat. Nagari Lawang memiliki UMKM dengan jenis usaha yang beragam. Selain dikenal sebagai daerah penghasil tebu dan gula merah, nagari ini juga menghasilkan berbagai produk lainnya seperti kacang goreng/kacang barandang, kerupuk ubi saka, minuman air tebu, nasi tangguli, kapelo bauok, tumbang, souvenir dan kerajinan anyaman. Meskipun usaha ini merupakan usaha turun temurun, namun banyak diantaranya yang sulit berkembang. Berbagai permasalahan sering dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha, diantaranya manajemen usaha dan pengelolaan SDM yang belum baik, jangkauan pemasaran yang masih terbatas dan belum memiliki branding serta packaging untuk produknya, pemasaran masih secara konvensional. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah  untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta keterampilan pelaku UMKM dibidang  produksi, manajemen usaha, SDM dan  pemasaran. Metode kegiatan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah, praktek dan diskusi. Peserta pelatihan adalah pelaku UMKM di Nagari Lawang. Sebelum pelatihan dilakukan pre test untuk mengetahui kemampuan peserta dan setelah pelatihan dilakukan post test untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menyerap materi yang disampaikan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 85% dari peserta paham terhadap materi pelatihan, mereka mengerti bagaimana mengelola usaha dan sumber daya manusia yang baik, memahami pentingnya merek dan kemasan bagi produknya, serta manfaat pemasaran digital. 10% dari peserta pelatihan berhasil membuat akun di Google business dari smartphone mereka masing-masing. Dari kegiatan ini diharapkan keberlanjutannya sehingga kedepannya keberadaan UMKM ini dapat meningkatkan potensi Nagari Lawang secara keseluruhan

References

Abdurrahman, Ginanjar, Oktavianto Hardian, Ega Yusni Habibie, Anggar Wahyu Hadiyatullah (2020), Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, Vol 1 No 2,
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/manage/article/view/3981
Eddy Yulianto, Yudiananda,Supriono (2022), Digital Marketing Desa Wisata, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish, Toko Buku Online
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edi). New York: Pearson Education Limited.
Luthfi Zamakhsyari, Alfato Yusnar Kharismasyah, Ilham Nuryana Fatchan, (2023), Strategi Digital Marketing dan Peningkatan Branding Bagi UMKM Desa Melung Kecamatan Kedungbanten, (JTEB). Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Ponorogo,Vol.3 No.1, https://journal.umpo.ac.id/index.php/JTEB/index
Maryam, Isnaeni , Susi Widjajani, (2023), Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo, (JTEB). Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Ponorogo,Vol.3 No.1,
https://journal.umpo.ac.id/index.php/JTEB/article/view/6757

Pranoto , Jasmani , I Nyoman Marayasa (2019), Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur – Tangerang, Jurnal Dharma Laksana, Vol 1 No 2,
http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/2425/0

Sujono, (2017), Mengembangkan Potensi Masyarakat di Desa dan Kelurahan, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. Toko Buku Online.
Syarief, Faroman (2020), Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM), Yayasan Barcode, Divisi Publikasi dan Penelitian Makassar.
https://sumbarprov.go.id/home/news/19161-manggilang-tabu-pengolahan-tebu-secaratradisional-di-nagari-lawang, 27 Juli 2020
https://www.liputan6.com/regional/read/4211575/pagi-yang-manis-bersama-para-pengolah-tebudi-lawang, 27 Maret 2020
https://disparpora.agamkab.go.id/berita/yok-berwisata-ke-nagari-lawang--minum-air-tebusekaligus-melihat-pengilangan-tebu-tradisional1595929854.html, 28 Juli 2020
Published
2024-01-13
How to Cite
Mulyati, Y., Yusnaena, Y., Elsandra, Y., Idwar, I., Yan Fitri, M. E., Alvian, A., & Julianto, D. (2024). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Produksi, Pemasaran Dan Manajemen Usaha Dalam Membangun Potensi Nagari Lawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(2), 103-116. https://doi.org/10.47233/jpmda.v2i2.1237