Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pemasaran Digital Di Umkm Dapur Raisya Gurun Laweh Nanggalo Padang

  • Idwar Idwar Fakultas Ekonomi Dan Bismis Universitas Dharma Andalas
  • Alvin Alfian Fakultas Ekonomi Dan Bismis Universitas Dharma Andalas
  • Prima Yulianti Fakultas Ekonomi Dan Bismis Universitas Dharma Andalas
  • Dedi Fernanda Fakultas Ekonomi Dan Bismis Universitas Dharma Andalas
  • Haryeni Haryeni Fakultas Ekonomi Dan Bismis Universitas Dharma Andalas
  • Likanopa Syentia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Taman Siswa
Keywords: Daya saing, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Pemasaran Digital bagi UMKM sangat diperlukan untuk meningkat penjualan dan pendapatan UMKM di era digitalisasi sekarang ini.

Secara Umum  bagaimana  UMKM bisa melakukan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan tim dosen ini bertujuan untuk  menjelaskan kepada  pemilik UMKM Dapur Raisya di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo tentang  pentingnya pemasaran digital bagi UMKM untuk membantu UMKM. Diharapkan dengan adanya Pemgabdian Kepada Masyarakat  ini bisa membantu   pemilik UMKM dalam memasarkan produk secara digital. UMKM lebih terarah dalam pengelolaan dan peningkatan penjualannya. Pengabdian Kepada Masyarakat ini  bertujuan untuk (1) mengidentifikasi permasalahan dan kendala dalam penjualan produk pada UMKM; (2) mengenalkan dan mengedukasi cara pemasaran produk melalui pemanfaaatan media pemasaran secara digital untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjangkau konsumennya secara lebih luas

References

Juliana, Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. NEM.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Purwana E.S., D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1–17.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Published
2023-12-26
How to Cite
Idwar, I., Alfian, A., Yulianti, P., Fernanda, D., Haryeni, H., & Syentia, L. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pemasaran Digital Di Umkm Dapur Raisya Gurun Laweh Nanggalo Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(2), 67-71. https://doi.org/10.47233/jpmda.v2i1.1181