Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pemasaran Digital Di Umkm Dapur Raisya Gurun Laweh Nanggalo Padang

Abstract
Pemasaran Digital bagi UMKM sangat diperlukan untuk meningkat penjualan dan pendapatan UMKM di era digitalisasi sekarang ini.
Secara Umum bagaimana UMKM bisa melakukan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan tim dosen ini bertujuan untuk menjelaskan kepada pemilik UMKM Dapur Raisya di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo tentang pentingnya pemasaran digital bagi UMKM untuk membantu UMKM. Diharapkan dengan adanya Pemgabdian Kepada Masyarakat ini bisa membantu pemilik UMKM dalam memasarkan produk secara digital. UMKM lebih terarah dalam pengelolaan dan peningkatan penjualannya. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi permasalahan dan kendala dalam penjualan produk pada UMKM; (2) mengenalkan dan mengedukasi cara pemasaran produk melalui pemanfaaatan media pemasaran secara digital untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjangkau konsumennya secara lebih luas
References
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Purwana E.S., D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1–17.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Copyright (c) 2023 Idwar Idwar, Alvin Alfian, Prima Yulianti, Dedi Fernanda, Haryeni Haryeni, Likanopa Syentia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.