Pentingnya Branding Packaging Dan BMC Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Dapur Sheza Snack Di Kelurahan Tabing Banda Gadang Nanggalo Kota Padang
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi suatu negara. Keberadaan UMKM memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu negara. Jumlah UMKM di Indonesia terus mengalami peningkatan termasuk provinsi Sumatera Barat dan khususnya di Kelurahan Tabing Banda Gadang Nanggalo Padang. Kelurahan Kelurahan Tabing Banda Gadang Nanggalo Padang memiliki banyak UMKM untuk bisa berkembang salah satunya adalah UMKM Dapur Sheza Snack. Usaha yang dikelola oleh UMKM Dapur Sheza Snaack antara lain : usaha kerupuk bawang dan aneka kerupuk lainnya, usaha kue basah , usaha kue kotak , usaha kue risoles dsb. Namun demikian UMKM tersebut belum mampu berkembang. Permasalahan yang dihadapi meliputi : akses permodalan dan pemasaran yang masih terbatas, manajemen usaha, pengelolaan keuangan dan SDM yang belum begitu baik serta kurangnya pengetahuan tentang aspek legal. Tidak jarang usaha hanya dijalankan dengan mengandalkan insting dan pengalaman saja. Oleh sebab itu perlu diberikan pelatihan kepada para pelaku usaha. Tujuan diadakan pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola usaha sehingga mampu bertahan dan berkembang. Metode pelaksanaan adalah pelatihan/penyuluhan dan pembinaan. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah UMKM Dapur Sheza Snack dapat meningkatkan pengetahuan kewirausahaan, meningkatkan market share dan meningkatkan penjualannya. UMKM Dapur Sheza Membutuhkan pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam mengelola usaha, untuk meningkatkan produktivitas, branding, packaging memperluas pemasaran produk, dan pengetahuan dalam pengurusan paten produknya, sehingga nantinya UMKM Dapur Sheza Snack mampu berkembang dan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
References
Destiana, Nisa. 2020. Peran Penting UMKM dalam Perkembangan Ekonomi. Dikutip dari https://majoo.id/blog/detail/peran-penting-umkm-dalam-perkembangan-ekonomi
Griffin, R. W dan Ebert, R., J, Wardhani, Sita (Translator), Bisnis, Jakarta:Erlangga, 2007
Harefa A, dan Siadari E, E., 2008. The Ciputra Way, Praktik Terbaik Menjadi Entrepreneurship Sejati, Alex Media Computindo Jakarta
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Berita Industri,http://www.kemenperin.go.id/artikel/14200/Kontribusi-UMKM-Naik
Kemenkeu. 2021. Wadah UMKM KEMENKEU, Aplikasi Model Satu Paket Kemudahan Sistem Untuk Kesejahteraan Bangsa. Dikutip dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15199/Wadah-UMKM-KEMENKEU-Aplikasi-Model-Satu-Paket-Kemudahan-Sistem-Untuk-Kesejahteraan-Bangsa.html
Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia- Bank Indonesia, 2015
Ricky w. Griffin., 2004,Manajemen, Erlangga,
Copyright (c) 2023 Yentisna Yentisna, Prima Yulianti, Masruri Masruri, Siska Lusia Putri, Sari Octavera, Febri Rahadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.