Pentingnya Branding Packaging Dan BMC Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Dapur Sheza Snack Di Kelurahan Tabing Banda Gadang Nanggalo Kota Padang

  • Yentisna Yentisna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Prima Yulianti Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Dharma Andalas Padang
  • Masruri Masruri Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Dharma Andalas Padang
  • Siska Lusia Putri Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Dharma Andalas Padang
  • Sari Octavera Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Dharma Andalas Padang
  • Febri Rahadi Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Dharma Andalas Padang
Keywords: : Branding, Packagin, BMC dan Peningkatan Pendapatan UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi suatu negara. Keberadaan UMKM memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu negara. Jumlah UMKM di Indonesia terus mengalami peningkatan termasuk provinsi Sumatera Barat dan khususnya di Kelurahan Tabing Banda Gadang  Nanggalo Padang. Kelurahan Kelurahan Tabing Banda Gadang  Nanggalo Padang  memiliki banyak UMKM  untuk bisa berkembang salah satunya adalah UMKM Dapur Sheza Snack. Usaha yang dikelola oleh UMKM Dapur Sheza Snaack  antara lain : usaha kerupuk  bawang dan aneka kerupuk lainnya, usaha kue basah , usaha kue kotak , usaha kue risoles dsb. Namun demikian  UMKM tersebut belum mampu berkembang. Permasalahan yang dihadapi meliputi : akses permodalan dan pemasaran yang masih terbatas, manajemen usaha, pengelolaan keuangan dan SDM yang belum begitu baik serta kurangnya pengetahuan tentang aspek legal. Tidak jarang usaha hanya dijalankan dengan mengandalkan insting dan pengalaman saja. Oleh sebab itu perlu diberikan pelatihan kepada para pelaku usaha. Tujuan diadakan pelatihan adalah  untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola usaha sehingga mampu bertahan dan berkembang. Metode pelaksanaan adalah pelatihan/penyuluhan dan pembinaan. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah UMKM Dapur Sheza Snack dapat meningkatkan pengetahuan kewirausahaan, meningkatkan market share  dan meningkatkan penjualannya. UMKM Dapur Sheza Membutuhkan pembinaan  untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam mengelola usaha, untuk meningkatkan produktivitas, branding, packaging memperluas  pemasaran produk, dan pengetahuan dalam pengurusan paten produknya, sehingga nantinya UMKM Dapur Sheza Snack  mampu  berkembang dan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

References

Ciputra, 2009. Ciputra Quantum Leap, Entrepreneurship, Mengubah Masa Depan dan Masa Depan Anda, Alex Media Computindo, Jakarta.
Destiana, Nisa. 2020. Peran Penting UMKM dalam Perkembangan Ekonomi. Dikutip dari https://majoo.id/blog/detail/peran-penting-umkm-dalam-perkembangan-ekonomi
Griffin, R. W dan Ebert, R., J, Wardhani, Sita (Translator), Bisnis, Jakarta:Erlangga, 2007
Harefa A, dan Siadari E, E., 2008. The Ciputra Way, Praktik Terbaik Menjadi Entrepreneurship Sejati, Alex Media Computindo Jakarta
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Berita Industri,http://www.kemenperin.go.id/artikel/14200/Kontribusi-UMKM-Naik
Kemenkeu. 2021. Wadah UMKM KEMENKEU, Aplikasi Model Satu Paket Kemudahan Sistem Untuk Kesejahteraan Bangsa. Dikutip dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15199/Wadah-UMKM-KEMENKEU-Aplikasi-Model-Satu-Paket-Kemudahan-Sistem-Untuk-Kesejahteraan-Bangsa.html
Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia- Bank Indonesia, 2015
Ricky w. Griffin., 2004,Manajemen, Erlangga,
Published
2023-12-25
How to Cite
Yentisna, Y., Yulianti, P., Masruri, M., Putri, S. L., Octavera, S., & Rahadi, F. (2023). Pentingnya Branding Packaging Dan BMC Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Dapur Sheza Snack Di Kelurahan Tabing Banda Gadang Nanggalo Kota Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(2), 58-62. https://doi.org/10.47233/jpmda.v2i1.1180